Kasihan Pencitraan

papers.co-ak62-space-girl-star-art-illust-face-dark-9-wallpaper

Kata citra memang tidak perlu dikasihani. Namun beda halnya dengan kata pencitraan yang justru perlu bahkan mesti dikasihani. Betapa tidak, saat ini masyarakat (tidak semuanya namun cukup banyak) yang memberikan arti negatif akan kata pencitraan. Mereka berkata,”Ah paling pencitraan”.

Sebentar, mari kita hening sejenak. Bukankah kita sebagai manusia, sebagai anak dari orang tua ataupun sebaliknya, sebagai umat beragama, sebagai sebagai kaum muda ataupun tua, sebagai etnis budaya, dan sebagai masyarakat Indonesia. Kita dianjurkan untuk hidup, berpikir, bertutur, dan berprilaku baik hingga kita memiliki citra yang baik. Bukankah ini termasuk ke dalam kategori pencitraan? Mereka berkata lagi,”Ah tapi….”

Tapi apa lagi? | Pencitraan itu kan tidak baik? | Hah, yang benar saja?

Pencitraan adalah pencitraan. Pencitraan akan menjadi baik ataupun tidak baik tergantung dari manusia yang menggunakannya. Pencitraan bukan merupakan sebuah subjek atau pelaku yang bisa dituduh ini dan itu apalagi dijelek-jelekan. Pencitraan adalah cara yang bisa digunakan siapa saja. Pencitraan hanyalah sebuah proses yang kita gunakan dalam membuat citra. Itu saja tak ada yang lainnya.

Membuat citra dengan membuat-buat citra adalah hal yang jauh berbeda. Jadi, ketika ada manusia yang menggunakan pencitraan dengan tujuan membuat-buat citra. Maka jangan salahkan pencitraan tapi tanyakan saja pada manusia yang menggunakannya. Kenapa berbuat demikian? Bukankah kasihan pencitraan jika dijatuhi tudahan atas apa yang tidak dilakukan?

Semoga kita menjadi pribadi yang selalu berbaik sangka hingga memiliki citra yang baik di hadapan-Nya. Semoga saja.

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s