Nikmat

food-art223

Pernahkah Anda makan dan tidak menikmatinya ? Mari kita bicarakan hal ini melalui kata-kata.

Makan merupakan kebutuhan premier sebagai makhluk hidup termasuk kita, manusia. Artinya kita harus makan agar bisa hidup dan menjalani hidup. Begitulah ketentuan yang kita dapat sebagai makhluk hidup.

Setiap dari kita pasti memiliki kemampuan untuk makan bahkan sejak dilahirkan. Sebuah kemampuan yang Tuhan berikan atas konsekuensi dari sebuah penciptaan kita sebagai makhluk yang membutuhkan makan. Namun tidak setiap dari kita memiliki kemampuan untuk menikmati apa-apa yang kita makan. Kenapa ?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kita sulit dalam menikmati makanan. Berikut beberapa hal diantaranya:

1. Kenyang bukannya lapar
Kita makan dalam keadaan kenyang bukan pada saat dalam keadaan lapar. Alhasil yang kita dapat justru kekenyangan. Sekalipun makanan yang kita makan itu harganya mahal dan secara resep sudah sempurna, kita akan tetap sulit untuk menikmatinya.

2. Berlebihan bukannya secukupnya
Sesuatu yang berlebihan memang kurang baik terkecuali dalam hal beribadah. Makan dengan porsi berlebihan bisa mengurangi bahkan menghilangkan kenikmatan sebuah makanan. Dan justru yang ada hanyalah rasa mual karna berlebihan.

3. Protes bukannya bersyukur
Inilah poin utama yang ingin saya sampaikan. Ketika kita lupa akan rasa syukur atas nikmat-Nya maka saat itu pula kita kehilangan nikmat. Termasuk nikmatnya sebuah makanan karna yang akan muncul hanyalah protes-protes yang tidak ada habisnya. Sekalipun makanan itu enak kita akan tetap memprotesnya dengan alasan ini dan itu.

Jadi, saran saya agar kita bisa menikmati apa-apa yang kita makan. Sebaiknya kita makan dalam keadaan lapar, porsi secukupnya, dan rasa syukur atas nikmat-Nya hingga semuanya terasa nikmat. Syukur adalah bumbu terbaik untuk segalanya termasuk untuk sebuah makanan. Itu saja dari saya.

Foto: sickoftheradio.com

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s