Mau & Mampu

dailydosomed com

“Orang yang masih mau dan mampu menolong di saat dirinya sendiri memerlukan pertolongan.”  | Salim A. Fillah | Lapis- lapis Keberkahan.

Sungguh, kalimat di atas merupakan sebuah kalimat sederhana namun memiliki kedalaman makna jika kita mau memaknainya. Mari kita coba memaknainya.

Kata “mau” ditempatkan lebih awal dibandingkan dengan kata “mampu”. Ini tentang sebuah niatan yang sejatinya bisa dimiliki oleh semua manusia. Seperti yang dikatakan Dik Doank bahwasannya niat itu ada di depan bukan di belakang. Bahkan kalau bisa ada di depan, di tengah, dan di belakang. Niat harus kita luruskan agar bisa mencapai apa itu yang dinamakan keikhlasan yang kemudian menghasilkan keberkahan.

Barulah kemudian kata “mampu” diikutsertakan karena tidak semua yang memiliki niatan memiliki kemampuan. Namun percayalah, ketika kita memiliki niatan yang ikhlas untuk menolong maka Allah akan membukkan jalan dan membuat kita menjadi mampu untuk menolong.

Banyak diantara kita yang mau menolong namun tidak mampu, ini ironis. Dan sebaliknya tidak sedikit pula diantara kita yang mampu menolong namun tidak mau, ini tragis. Semoga saja kita termasuk ke dalam golongan yang mau dan diberi kemampuan dalam menolong. Mau dan mampu sungguh pasangan yang sangat romantis layaknya usaha dengan doa.

Kutipan di atas mengajarkan kepada kita mengenai arti kerelaan dan pengorbanan. Rela mengesampingkan kepenting pribadi dan berkorban untuk kepentingan orang lain. Ini seperti kondisi dimana saat kita berdoa dengan ihklas untuk kebahagiaan orang lain di luar sana. Mari kita senantiasa berdoa agar tak menjadi orang yang lupa berdoa.

Foto | dailydosomed[dot] com

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s