Sabar Menanti | via Jonru

By Mangawhio

Saya sudah rutin berpromosi lewat social media sejak tahun 2005. Hampir 10 tahun. Dan berdasarkan pengalaman saya: Memang kalau posting yang isinya promosi, cenderung sepi komentar. Sebab kebanyakan orang malas berkomentar di posting iklan.

Namun satu hal yang harus dipahami: Komentar tidak identik dengan penjualan. Sebab orang yang berkomentar belum tentu beli. Orang yang beli belum tentu berkomentar.

Banyak orang yang cuma komen, tapi tak pernah beli. Sebaliknya, banyak juga orang yang tak komen apapun, tapi langsung membeli produk yang diiklankan. Banyak juga yang tak pernah komen tapi belum beli, namun mereka sibuk bertanya lewat inbox atau SMS atau BBM atau whatsapp.

Atau bisa juga terjadi: Ada juga orang yang membaca iklan hari ini, tapi baru membeli setahun kemudian.

Perilaku orang dalam membeli itu beda-beda. Pengalaman saya selama ini membuktikan bahwa jualan itu harus sabar.

Dan yang sangat penting: Posting iklan yang sepi komentar tidak identik dengan sepinya pembeli. Yang berkesimpulan seperti itu biasanya para haters yang senang dan berharap jualan kita sepi

Walau postingan iklan saya di fan page ini selalu sepi komentar, tapi alhamdulillah pembeli tetap banyak. Buku-buku saya laris. Workshop penulisan dibanjiri peserta, dst.

Semoga status ini bermanfaat bagi teman-teman yang baru mulai jualan online.

Sumber: Facebook Jonru | Foto: mangawhio.devianart.com

Tinggalkan komentar

Filed under Kutipan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s