Pengorbanan

shadowfoxcreative

A: Bagiku, semangatmu seperti warna dari daun yang layu di musim gugur berjatuhan. | B: Iya benar. Tapi aku tak hanya layu dan mati. Aku akan menjadi makanan dari daun yang baru. via Naruto Shippuden Chapter 668.

Setiap insan manusia pasti memiliki alasan tersendiri akan pengorbanan dalam hidupnya. Dan kalau tidak salah Anis Matta pernah menuliskan bahwa cinta adalah pengorbanan. Entah mengapa saya begitu sepakat dengan definisi tersebut. Bukankah orang yang sedang jatuh cinta “katanya” rela melakukan segalanya. Sebegitu besarkah daya dorong cinta sehingga manusia rela melakukan pengorbanan ?

Namun apalah artinya pengorbanan ketika tidak memiliki nilai kebermanfaatan. Pengorbanan yang seperti ini justru hanya akan menghasilkan penderitaan. Berkorban harta untuk membeli narkotika lalu mengkonsumsinya. Pengorbanan yang sia-sia apalagi ketika melibatkan orang lain ke dalamnya. Kuadratlah nilai dosanya. Ah tau apa aku tentang dosa biarlah Tuhan yang menentukannya.

Ingatlah saat kita membaca bukankah butuh cahaya dan itu tidak hadir dengan sendirinya [ terkecuali Matahari ]. Lampu hadir menemani kita saat membaca. Lampu memberikan cahaya agar kita bisa membaca. Dan lampu tidak hadir begitu saja dengan mantra abrakadabra. Lampu ditemukan oleh seorang ilmuan yang bernama Thomas Alva Edison.

Kecintaannya akan ilmu pengetahuan telah membuatnya berani untuk berkorban. Hidupnya dikorbankan untuk melakukan penelitian dan percobaan sampai akhirnya ia menemukan bola lampu yang bisa menghasilkan cahaya. Inilah contoh pengorbanan dengan nilai kebermanfaatan.

Cinta pengetahuan. Cinta proses pencarian. Ah ternyata unsur cinta kembali terlibat untuk yang kesekian kalinya. Begitulah cinta, hadir begitu saja dan kita tak kuasa untuk mengusirnya. Biarkanlah, mungkin pengorbanan bisa dilakukan ketika ada cinta di dalamnya.

 

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s