Batas Mata

Blind

Mata memiliki batasnya. Mata akan berfungsi ketika kulit yang melindunginya terbuka yaitu kelopak mata. Selain dari itu yang ada hanyalah gelap. Kalimat ini pernah saya tuliskan pada postingan jauh sebelum ini.

Mata adalah bagian dari beberapa indera yang Tuhan anugerahkan. Sering kumendengar bahwa mata merupakan jendela jiwa. Dan baru saja tadi ku mendengar dari televisi bahwa mata sampai saat ini masih menjadi bagian paling kompleks dalam ilmu kedokteran. Serta belum ada yang mampu membuat imitasinya layaknya jantung buatan.

Namun, seberapapun hebatnya kemampuan akan indera penglihatan ini tetap memiliki batas. Apapun yang Tuhan berikan kepada makhluk-Nya maka akan menerima takdir yaitu keterbatasan. Mata termasuk kedalamnya.

Mata memiliki batas jarak pandang. Mata memiliki batas akan keterjagaan yang sewaktu-waktu pasti mengantuk. Mata memiliki batas fokus sebanding dengan umur pemiliknya. Dan mata memiliki batasnya dalam melihat kehidupan.

Jika mata kita melihat maka itu tidak seutuhnya menerangkan arti sebenarnya dari apa yang kita lihat. Mata hanya bisa menangkap apa yang terjadi pada saat itu juga. Namun mata tak bisa melihat apa yang terjadi sebelumnya dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Jadi, kita tak bisa mengatakan bahwa [ maaf ] pekerja seks komersial lebih buruk dibandingkan kita. Ataupun ulama lebih baik dibandingkan dengan [ maaf ] pemulung. Kita tak bisa menyimpulkan begitu saja hanya dengan bermodalkan apa yang kita lihat.

Mata akan bekerja ketika kita sadar. Apakah sadar dikatakan parameter akan kehidupan ? Sepertinya bagi saya kehidupan justru lebih banyak terjadi dalam ruang dan waktu yang sering tidak kita sadari. Dan inilah yang tak bisa dilihat oleh mata. Inilah batas mata.

 

Tinggalkan komentar

Filed under Catatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s