ANTAM dan Freeport Tandatangani MoU Pengkajian Pabrik Smelting Tembaga

Smelter

GEO ENERGI
Tuesday, 11 Feb 2014 10:18:17

Jakarta – PT Antam (Persero) Tbk mengumumkan bahwa perusahaan hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dengan PT Freeport Indonesia untuk mengkaji kelayakan proyek pengolahan tembaga. PT Freeport Indonesia memiliki dan mengoperasikan tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, Indonesia.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan bersama oleh Direktur Utama Antam, Tato Miraza dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto di Jakarta.

“Penandatanganan MoU dengan PT Freeport Indonesia dalam bekerjasama untuk mengevaluasi kelayakan pembangunan proyek peleburan tembaga merefleksikan keinginan kedua pihak untuk mendukung amanat Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai mineral melalui pengolahan dan pemurnian dalam negeri,” ujar Direktur Utama Antam, Tato Miraza.

Melalui penandatanganan MoU tersebut, Antam dan PT Freeport Indonesia akan bekerjasama bersama-sama untuk mengevaluasi kelayakan teknis, ekonomi dan komersial dari suatu peleburan tembaga baru dan/atau fasilitas-fasilitas terkait untuk pengolahan hilirisasi lebih lanjut dari produk-produk peleburan.

Terkait dengan hilirisasi komoditas tambang, saat ini Antam tengah melakukan proses commissioning pabrik Chemical Grade Alumina di tayan, Kalimantan Barat. Selain itu, Antam tengah mengembangkan Proyek Perluasan Pabrik Feronikel Pomalaa dan proyek Feronikel Halmahera Timur serta tengah mengkaji hasil studi kelayakan dan menseleksi mitra strategis dalam proyek Smelter Grade Alumina Mempawah dan proyek Nickel Pig Iron.

Foto: miningne.ws

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s