Wanita Berjilbab di Lintasan Atletik, London 2012.

Srah Attar

Foto: bbc.co.uk

Tepuk tangan dan standing ovation bergemuruh di Stadiun Olimpiade ketika Sarah Attar menyentuh garis finis. Meski menjadi pelari yang paling akhir sampai di garis finis, ribuan penonton yang menyaksikan babak penyisihan lomba lari nomor 800 meter tetap memperlakukan Attar bak juara.

Attar, pelari berusia 19 tahun, memang bukan pelari sembarangan. Dia adalah atlet wanita pertama Arab Saudi yang turun di lintasan lari Olimpiade. Mengenakan jilbab putih dan kaus lengan panjang warna hijau dipadu leging hitam, Attar melahap lintasan sepanjang 800 meter dengan catatan waktu 2 menit 44,95 detik. Ia jauh tertinggal dari pelari Kenya, Janeth Jepkosgei Busienei, yang finis pertama di Heat keenam kemarin.

Meski gagal menembus semifinal, mahasiswa Pepperdine University, Clifornia, itu tetap bangga.“Ini pengalaman yang luar biasa,” kata Attar seusai pertandingan kemarin. “Sebuah kehormatan ada di sini mewakili perempuan Arab Saudi.”

Ia mengaku targetnya di Olimpiade London bukan meraih emas. Ia berharap keikutsertaannya akan menginspirasi wanita-wanita Arab Saudi untuk bersaing di Olimpiade mendatang. “Saya berharap ini akan membuat perbedaan,” ujarnya.

Arab Saudi, sebagai salah satu negeri Islam, memang tidak pernah mengizinkan atlet wanita mengikuti Olimpiade. Namun larangan itu tidak berlaku di Olimpiade London. Kontingen Arab Saudi mengirim dua atlet wanita untuk bersaing di London. Selain Attar, satu atlet perempuan Arab Saudi adalah judoka Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani.

Shaherkani sempat mengalami masalah karena tidak diizinkan bertanding mengenakan jilbab. Masalah itu selesai setelah Komite Olimpiade Internasional memperbolehkan Shaherkani bertanding dengan jilbab khusus. Sama seperti Attar, Shaherkani langsung kalah pada laga pertama.

REUTERS | SUTARTO

Tinggalkan komentar

Filed under Kutipan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s