Total Minta 35 Persen Saham di Blok Mahakam

Gambar

Foto: viva.co.id

GEO ENERGI | Ishak Pardosi
Saturday, 12 Oct 2013 11:03:13

Jakarta – PT Total E&P Indonesie kembali menegaskan belum ada keputusan pemerintah terkait porsi pengelolaan di Blok Mahakam. Namun, dalam masa transisi lima tahun setelah 2017, Total dan Inpex mengaku sudah mengajukan proposal ke pemerintah yang isinya meminta jatah sebesar 35 persen. Saat ini, Total dan Inpex mempunyai saham masing-masing 50 persen di Blok Mahakam. Sedangkan kontraknya akan berakhir pada 2017 nanti.

“Total 35 persen dan Inpex 35 persen. Itu karena terkait dengan masa transisi lima tahun itu. Secara terbuka itu sudah diajukan pada Juli 2013. Tapi hingga saat ini belum ada keputusan dari pemerintah,” ujar. Kepala Departemen Hubungan Media Total E&P Indonesie Kristanto Hartadi kepada GEO ENERGI, (11/10/2013).

Hal tersebut disampaikan Kristanto usai berkunjung ke lokasi pembuatan tiga platform untuk Blok Sisi Nubi 2 B dan Peciko 7 B, di Cilegon, Banten.

Menurut Kristanto, pengajuan proposal saham sebesar 35 persen itu dilakukan sebagai bagian dari transisi Blok Mahakam dari Total ke PT Pertamina dan perusahaan nasional. “Supaya tidak terjadi penurunan produksi,” tambahnya. Selain itu, dalam masa peralihan tersebut, Total berharap Pertamina dan perusahaan nasional sudah dapat membiasakan diri dengan proyek migas di lepas pantai.

Keterangan Kristanto tampaknya pas dengan isu yang berkembang di masyarakat. Kabarnya, pemerintah telah menyetujui pembagian saham Blok Mahakam pasca berakhirnya kontrak Total, yakni Total dan Inpex mendapat jatah 70 persen dan Pertamina dan BUMD mendapat jatah 30 persen. Di dalam BUMD ada perusahaan migas baru bernama Mandiri Oil.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s