Jerman Punya Mesin Pengolah Batubara Jadi Bensin Sekelas Pertamax

Foto: zhen-yang.devianart.com

Wiji Nurhayat – detikfinance
Senin, 28/10/2013 16:04 WIB

Jakarta – Salah satu negara industri di Eropa, yakni Jerman memiliki mesin berteknologi canggih yang bisa mengolah batubara menjadi bensin dengan RON 94 sekelas pertamax. Mesin ini dinamakan Liquid Green Technology Machine.

“Namanya Liquid Green Technology Mechine yang berasal atau dibuat Jerman. Bisa mengolah batubara menjadi bensin dengan RON 94,” ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan Endang Kesumayadi saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (28/10/2013).

Mesin ini sengaja dibuat dan akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat untuk dipromosikan. Menurut Endang, harga mesin tersebut dipatok US$ 14 juta atau sekitar Rp 140 miliar.

“Harga mesinnya US$ 14 juta dengan kebutuhan lahan untuk produksi sebesar 2 hektar. Detilnya begini, inikan mesin pengolahan batubara ke BBM, dari 70 ton batubara bisa menjadi 24 ton BBM dengan kadar RON 94, ini asli teknologi Jerman,” imbuhnya.

Endang mengatakan, Indonesia adalah negara pertama di Asia yang akan menggunakan mesin tersebut. Menjadi pengguna pertama di Indonesia adalah Kadin sendiri, yang memesan 2 mesin untuk ditempatkan di 2 kabupaten/kota di Kalimantan Timur yaitu Malino dan Nunukan. Malino dan Nunukan adalah 2 kawasan yang memproduksi batubara dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kita adalah negara pertama di Asia yang menggunakan mesin ini. Kadin akan membuka lahan pengolahan batubara menjadi BBM dengan menggunakan mesin ini di Malino dan Nunukan. Selain itu, Kadin sebagai pemegang lisensi mesin ini di Indonesia,” katanya.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s