Setan Pun Boleh Protes

Devil

“…dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin , sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” [ Al-An’am: 112 ]

Ayat di atas menyebutkan keberadaan setan dengan jelas adanya. Ia [ setan ] ada dalam kehidupan kita bahkan ada dari jenis manusia itu sendiri. Namun…

[ 1 ]. Apakah setan satu-satunya penyebab atas semua dosa yang dilakukan oleh manusia setiap waktunya ?

[ 2 ]. Tidakkah setan istirahat sejenak saja dari pekerjaanya dalam menggoda manusia untuk melakukan hal yang dilarang oleh Nya ?

[ 3 ]. Lalu bagaimana dengan unsur hawa nafsu yang Allah berikan dalam jiwa manusia ?

Bukankah dengan adanya hawa nafsu [ ambisi ] maka manusia secara pribadi dapat melakukan apa yang ingin diperbuatnya. Entah hal itu baik atau buruk namun sepertinya setan tidak melakukan intervensi untuk hal ini. Manusia bebas memilih termasuk ketika melakukan perbuatan dosa.

Nah, ketika hal seperti ini terjadi maka setan tidak bisa disalahkan karena ia hanya bertindak sebagai penonton. Setan tak turut campur atas apa yang ingin dan telah dilakukan oleh manusia. Termasuk dalam urusan dosa.

Maka setan pun boleh protes kepada manusia atas tuduhan yang tidak berdasar. Setan difitnah atas dosa pribadi manusia. Dosa yang dilakukan atas dorongan hawa nafsu. Setan dipojokkan seakan ia lah satu-satunya penyebab atas dosa yang telah diperbuat manusia.

Dosa tetaplah dosa. Dosa tak bisa dilimpahkan pada pihak kedua [ setan ] karena pada dasarnya kita sebagai manusia memiliki hawa nafsu untuk melakukan dosa. Maaf setan saya telah berburuk sangka.

Foto: Rachel Siegel

Tinggalkan komentar

30 September 2013 · 11:35 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s