Tiap Hari RI Impor BBM 800 Ribu Barel, Wamen ESDM: Apa Boleh Buat

Tiap Hari RI Impor BBM 800 Ribu Barel, Wamen ESDM: Apa Boleh Buat

Jumat, 28 06 2013 13:01 WIB | Foto: JIBI photo
Rista Rama Dhany – Detikfinance

Jakarta – Kebutuhan atau tingkat konsumsi BBM di Indonesia makin besar tiap tahun, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini membuat jumlah impor BBM yang dilakukan makin banyak. Pemerintah pasrah.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengungkapkan, makin tinggi pertumbuhan ekonomi, maka makin tinggi pula kebutuhan BBM. Ujungnya, jumlah impor BBM dan makin besar.

“Penduduk Indonesia tiap tahun tumbuh 1,1%, ekonomi tumbuh 6,2%-6,3%, hal tersebut seperti sengsara membawa nikmat, karena kebutuhan energi kita tumbuh, BBM makin banyak, dan makin banyak lagi impornya,” ucap Susilo dalam acara Seminar Harga Komersial Gas Bumi Yang Tepat Guna Bagi Industri, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Asal tahu saja, kata Susilo, saat ini impor BBM Indonesia per harinya mencapai 700.000-800.000 barel per hari, ini akibat kebutuhan BBM orang Indonesia mencapai 1,4 juta kiloliter (KL) per hari.

“Banyak masyarakat kita yang belum tahu kalau produksi minyak Indonesia juga tiap tahun selalu turun, produksi kita hanya 650.000 barel per hari, kebutuhan kita 1,4 juta KL per hari, artinya 700.000-800.000 barel per harinya kita impor, ya apa boleh buat is oke,” ungkap Susilo.

Untuk itu, kata Susilo, pemerintah terus mendorong penggunaan bahan bakar lain selain dari BBM, seperti menggunakan gas. Karena gas di Indonesia jumlahnya masih banyak dan harganya masih murah.

“Kita akan dorong masyarakat kita dan industri menggunakan gas, selain murah juga bersih. Namun saat ini jadi masalah bagi industri, industri selalu teriak kekurangan gas, sementara gas saat ini banyak tapi tidak bisa bawa gas-nya ke industri, titik masalahnya karena kita masih kekurangan infrastruktur,” ujar Susilo.

Tinggalkan komentar

28 Juni 2013 · 8:17 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s