Mau Investasi Migas di RI? 600 Ribu Lembar Dokumen Siap Menanti

Ilustrasi Reksa Dana

SKK Migas mengatakan pemodal yang berinvestasi di sektor hulu Migas harus berhadapan setidaknya dengan 600 ribu lembar dokumen. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta : Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini mengungkapkan pemodal yang berniat berinvestasi di sektor hulu minyak dan gas (Migas) setidaknya harus rela berhadapan dengan 600 ribu lembar dokumen persyaratan per tahun.

“Berdasarkan data kami, kegiatan hulu Migas memerlukan 69 jenis perizinan, 284 proses perizinan, lebih dari 5.000 izin per tahun, dan lebih dari 600 ribu lembar dokumen persyaratan (setahun) serta 17 instansi penerbit,” ungkap Rudi di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Dari data tersebut, perizinan terbanyak datang dari tingkat kabupaten dan kota sebanyak 53 izin, Kementerian Perhubungan 51 perizinan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 40 perizinan serta 24 izin dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Merujuk pada kondisi ini, terang dia, SKK Migas bakal menyederhanakan proses perizinan tersebut dengan menyiapkan satu surat yang mesti ditandatangani oleh Bupati setempat. Surat tersebut nantinya dapat digunakan untuk permohonan izin ke tempat lain.

“Pokoknya ada izin yang dihilangkan, lalu ada Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Jadi nanti perusahaan yang hengkang bisa dikurangi,” pungkas Rudi.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mencontohkan, perusahaan pertambangan wajib mengurus satu per satu perizinan supaya bisa melakukan aktivitas eksplorasi maupun eksploitasi suatu konsesi tambang.

“Sebuah blok tambang atau sumber minyak harus ada izin operasi, lalu nanti ada izin melewati jalan. Menggunakan alat berat, melewati sungai dan hutan, pemasangan diesel pun ada izinnya sendiri. Belum lagi izin bupati setempat. Inilah yang harus disederhanakan, tapi tetap terjaga dan aman,” kata dia.

Jero berharap, proses penyederhaan izin bagi investor dapat dipangkas dari biasanya 2 tahun menjadi hanya beberapa hari saja.(Fik/Shd)

Tinggalkan komentar

27 Juni 2013 · 9:46 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s