Tambang Freeport Kembali Dibuka

Tambang Freeport Kembali Dibuka

Senin, 24 Jun 2013 12:10:16
Amanda Puspita Sari | Foto: tribunnews.com

Jakarta, GEO ENERGI – Paska dihentikannya produksi tambang tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) akibat runtuhnya sebuah terowongan di Fasilitas Pelatihan tambang bawah tanah Grasberg milik PTFI pada pertengahan Mei lalu, kegiatan pertambangan di lokasi tersebut kini kembali beroperasi. PT Freeport Indonesia (PTFI) telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memulai kembali kegiatan tambang terbuka (open pit) dan pengolahan (mill).

“Runtuhnya bebatuan secara tiba-tiba dan tak terduga yang terjadi di area yang telah kami kelola dalam kurun waktu yang cukup lama adalah suatu kejadian yang sangat tidak biasa. Kejadian seperti ini belum pernah terjadi dalam sejarah PTFI dan kami berduka sedalamnya atas kepergian rekan-rekan kami dalam kecelakaan ini. Sepanjang sejarah operasi kami di Indonesia, fokus kami adalah menerapkan standar keselamatan kerja tertinggi bagi rekan pekerja kami. Kami sangat sedih, melalui kejadian ini kami memperbaharui komitmen untuk melakukan segala upaya yang dibutuhkan demi menjamin keselamatan kerja seluruh rekan pekerja kami.” kata Rozik Soetjipto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima GEO ENERGI di Jakarta pada Sabtu (22/6).

Rozik juga memastikan bahwa penyelidikan masih tetap berjalan dan tidak akan terhenti meskipun kegiatan pertambangan di lokasi tersebut kini kembali beroperasi. Rozik menegaskan tim investigasi internal PTFI akan terus melakukan penyelidikan atas kecelakaan tersebut bersama dengan Inspektur Tambang Kementerian ESDM dan tim khusus yang dibentuk pemerintah.

Bencana runtuhnya terowongan di pertambangan Grasberg, Papua pada 14 Mei lalu memakan 28 korban jiwa. Kegiatan tambang PTFI sempat ditutup sementara pada awal Juni lalu untuk keperluan investagasi lebih lanjut atas bencana tersebut.

Tinggalkan komentar

24 Juni 2013 · 5:56 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s