Pemerintah Harus Segera Putus Operasi Koba Tin

Pemerintah Harus Segera Putus Operasi Koba Tin

Ihsan | Foto: achaqori.blogspot.com
Kamis, 13 Jun 2013 – 14:06:28 WIB

Satunegeri.com – Direktur Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk segera memutus kegiatan operasi PT Koba Tin di Provinsi Bangka Belitung.

Sebagaimana tercantum dalam surat Menteri ESDM Jero Wacik No.2373/34/MEM.B/2013 tertanggal 28 Maret 2013. Menteri ESDM Jero Wacik memberi kesempatan kepada Koba Tin untuk memperpanjang kegiatan operasi penambangan selama 3 bulan terhitung sejak 1 April 2013 dengan merujuk pada Pasal 112B ayat (8) dan (9) PP No.24 Tahun 2012.

Kebijakan perpanjangan operasi tersebut, menurut Marwan, bertentangan dengan peraturan yang berlaku di bidang mineral dan batubara.

Dengan demikian, lanjut Marwan, secara hukum perpanjangan KK Kobatin melalui surat Menteri diatas harus batal demi hukum dan dengan demikian SK Pembentukan Tim Independen Evaluasi Kontrak Karya (KK) Koba Tin pun menjadi tidak sah secara hukum.

Perlu kita ketahui PT Timah dan Pemrov Babel sudah menyatakan minat dan sanggup untuk mengelola wilayah tambang yang akan ditinggalkan oleh Koba Tin.
Sesuai dengan amanat konstitusi , agar hasilya bisa semaksimal mungkin digunakan untuk kesejahteraan rakyat. Wilayah tambang yang dahulu dikelola Koba Tin, wajib diserahkan kepada negara yang diwakili oleh BUMN dan BUMD.

Tinggalkan komentar

16 Juni 2013 · 6:47 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s