Rencana Pembangunan 14 Pulau Buatan Ganggu Aktifitas FSRU Jawa Barat

Rencana Pembangunan 14 Pulau Buatan Ganggu Aktifitas FSRU Jawa Barat

Senin, 27 Mei 2013 – 13:13:52 WIB
Ridwan Foto: lngworldnews.com

SatuNegeri.com – Rencana pembangunan 14 pulau buatan di sepanjang kawasan kepulauan Seribu, Jakarta, menurut Direktur Utama PT Nusantara Regas Hendra Jaya akan mengganggu aktifitas di terminal gas terapung (Floating Storage Regastification Unit/FSRU) Jawa Barat.

Selain itu, keberadan pulau buatan tersebut juga dapat membahayakan terminal yang mengelola gas alam cair (Liquiefed Natural Gas/LNG) yang berasal dari kilang LNG Bontang, Kalimantan. Pasalnya disekitar FSRU yang mulai beroperasi pada 24 Mei 2012 tersebut terdapat jaringan pipa penyaluran gas.

“Kami mencoba bernegosiasi dengan Pemda bahwa ke depan akan ada 14 pulau buatan, dimana diantara pulau itu ada pipa-pipa, CNOOC, ONWJ, PLN. Itu yang harus dihadapi,” kata Hendra di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Minggu (26/5).

Direktur Tehnik dan Opersional PT Nusantara Regas, Nugroho Rahmadi, menambahkan perseroan saat ini sedang berkonsentrasi mengatasi permasalahan pembangunan pulau buatan tersebut, Salah satunya adalah menjalin komunikasi dengan pengembang pulau buatan tersebut untk membicarakan jarak pulau dengan pipa gas.

Namun, lanjut Nugroho, penyelesaian permasalahan tersebut nantinya akan diserahkan kembali ke Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Saat ini, diakuinya desain awal pulau tersebut sudah dibagikan dan kerangka acuan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) sudah disetujui dengan adanya Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Pemda DKI Jakarta. Untuk jarak pipa yang sudah ditetapkan.

Tinggalkan komentar

30 Mei 2013 · 7:59 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s