PGN Kembangkan Gas Bersama Lembaga Pemerintah dan Swasta

PGN Kembangkan Gas Bersama Lembaga Pemerintah dan Swasta

Senin, 20 Mei 2013 – 07:02:54 WIB
Ridwan, Foto: www pdk.or.id

Satunegeri.com – Untuk mengembangkan pemanfaatan gas bumi, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) hari Minggu (19/5) menandatangi kesepakatan kerjasama dengan sejumlah lembaga pemerintah dan swasta. Lembaga – lembaga tersebut meliputi Pemprov DKI Jakarta, Perum Perumnas, Kementerian BUMN, ESDM dan Perhubungan serta PT Sigma Cipta Caraka, PT Graha Sarana Duta dan PT Bianglala Metropolitan.

Nantinya, PGN akan mengembangkan infrastruktur dan menyalurkan gas bumi kepada rumah tangga di DKI Jakarta, warga pemukiman Perumnas dan memasok gas untuk bahan bakar kendaraan dinas di Kementerian BUMN, ESDM dan Perhubungan. PGN juga akan menalurkan gas bumi sebagai sumber energi bagi PT Sigma Cipta Caraka dan memenuhi kebutuhan bahan bakar gas (BBG) kendaraan operasional PT Graha Sarana Duta dan armada Bus Bianglala.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso dalam penandatanganan kerjasama mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia. Kesepakatan ini merupakan bentuk komitmen PGN yang bersinergi dengan berbagai pihak untuk perluasan pemanfaatan gas bumi dalam negeri serta mendukung program pemerintah dalam konversi BBG untuk transportasi.

Kesuksesan konversi energi tersebut perlu keterlibatan dan dukungan dari semua stakeholder karena pemanfaatan gas bumi berada di wilayah hilir migas yang keberlangsungannya tergantung dari dukungan wilayah hulu migas termasuk sarana dan prasarana pendukungnya. “PGN memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi sebagai sumber energi nasional.

Melalui sinergi dengan lembaga pemerintah dan swasta ini, kami berharap pemanfaatan gas bumi akan mampu menciptakan efisiensi, mendorong produktifitas dan memperkuat perekonomian nasional sehingga pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan ketahanan energi,” jelas Hendi P Santoso di acara penandatangan kesepakatan di Lapangan Monas, Jakarta.

Dalam kerjasama dengan Pemprov DKI, PGN akan membangun dan mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk melayani kebutuhan rumah tangga di wilayah Jakarta. Hal yang sama juga berlaku dalam kesepakatan dengan Perumnas. Dimana PGN akan membangun dan menyalurkan gas bumi bagi warga pemukiman Perumnas di Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Sesuai kesepakatan dengan Perumnas, PGN akan memasok gas secara bertahap selama 5 tahun.

Sementara itu, dalam kerjasama dengan Kementerian BUMN, ESDM dan Perhubungan, PGN akan menyalurkan bahan bakar gas sesuai kebutuhan kendaraan dinas serta ketersediaan pasokan dan kemampuan infrastruktur PGN. Untuk merealisasikan kesepakatan ini, ketiga kementerian bersedia menanggung biaya rekonfigurasi mesin kendaraan dinas agar dapat menggunakan BBG.

Hendi mengatakan, memasuki usia enam windu, PGN akan terus meningkatkan pemakaian gas bumi untuk seluruh segmen pasar, rumah tangga, komersial, industri serta transportasi. Sampai kuartal 1-2013 total pelanggan PGN sebanyak lebih dari 90 ribu pelanggan.

Tinggalkan komentar

20 Mei 2013 · 8:12 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s