PGN Akan Bangun SPBG Bergerak

PGN Akan Bangun SPBG Bergerak

Senin, 20 Mei 2013 – 05:34:12 WIB
Ramdhan

Satunegeri.com – Dalam keterangan tertulisnya, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) akan mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar gas bergerak atau mobile refuelling unit (MRU) pada 22 Juni 2013.

Dirut PGN Hendi Prio Santoso usai menandatangani kesepakatan kerja sama pemanfaatan gas bumi dengan Pemprov DKI Jakarta, Perum Perumnas, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, PT Sigma Cipta Caraka, PT Graha Sarana Duta, dan PT Bianglala Metropolitan di acara ulang mengatakan, bahwa MRU akan mendukung armada bus transjakarta yang kekurangan gas, namun berada jauh dari SPBG.

“MRU yang bisa berpindah-pindah ini merupakan solusi bagi kendala ketersediaan lahan SPBU dan mendekatkan jarak dengan pengguna,” katanya.

Nantinya, PGN akan menyalurkan gas rumah tangga di DKI Jakarta, pemukiman Perumnas, kendaraan dinas Kementerian BUMN, ESDM dan Perhubungan, kendaraan operasional PT Graha Sarana Duta, armada bus Bianglala, dan gas ke PT Sigma Cipta Caraka.

Fasilitas MRU yang dioperasikan bertepatan dengan ulang tahun Provinsi DKI Jakarta itu terdiri atas kompresor, dispenser, penampungan dengan ukuran 10 kaki, dan truk trailer 20 kaki.

MRU 10 kaki memiliki kapasitas penampungan gas sebesar 2.172 m3 yang dapat mengisi delapan unit bus transjakarta atau 100 unit mikrolet.

Waktu pengisian BBG adalah sekitar tiga menit bagi minibus dan 20 menit untuk transjakarta. Pengisian gas MRU dapat dilakukan di SPBG atau jaringan pipa distribusi gas PGN yang sudah tersebar di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Selain MRU, PGN juga memperkenalkan pembangkit listrik dengan teknologi mikro turbin berbahan bakar gas. Fasilitas itu merupakan kerja sama PGN dengan sejumlah lembaga seperti BPPT dan UNDP. Mikro turbin menghasilkan emisi CO2 sekitar 0,13 – 0,18 kg/kWh atau lebih rendah dari rata-rata 0,76 kg/kWh.

Iklan

Tinggalkan komentar

20 Mei 2013 · 8:18 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s