Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Pertanian Naik 13 Persen

Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Pertanian Naik 13 Persen

refrection sunshine
Foto: vurtual.tumblr.com

Ridwan
Jumat, 10 Mei 2013 – 08:54:39 WIB

SatuNegeri.com – Dibandingkan pada tahun 1990, emisi gas rumah kaca global dari sektor pertanian pada tahun 2010 meningkat 13 persen.

Sebagai bahan perbandingan, emisi CO2 global dan transportasi sebesar 6,76 miliar ton per tahun dan emisi dari listrik serta produksi panas sebesar 12.480.000.000 ton, seperti dikutip dari worldwatch Institute Vital Signs online.

Tiga gas yang paling umum ditemui di sektor pertanian adalah nitrous oxide, CO2, dan metana. Metana umumnya dihasilkan ketika bahan organik, seperti tanaman, pakan ternak, atau pupuk membusuk anaerobik (tanpa oksigen). Jumlah metana sebesar 50% dari total emisi pertanian. Enterik fermentasi pencernaan bahan organik ternak adalah sumber terbesar dari emisi metana dan emisi pertanian secara keseluruhan.

Sementara, nitrous oxide adalah produk yang dihasilkan oleh pemecahan mikroba nitrogen dalam tanah dan pupuk. Nitrous oksida menyumbang sebesar 36 persen dari emisi gas rumah kaca pertanian.

Selanjutnya, karbon dioksida dilepaskan dari tanah ketika bahan organik terurai aerobik dengan oksigen. Sumber terbesar emisi CO2 dalam pertanian adalah drainase dan budidaya tanah organik – tanah di lahan basah, lahan gambut, rawa, atau Fen dengan bahan organik tinggi.

Saat daerah ini dikeringkan untuk budidaya, bahan organik dalam tanah terurai dengan kecepatan tinggi melepaskan CO2. Proses ini, menyumbang sebesar 14 persn dari total emisi gas rumah kaca

Tinggalkan komentar

10 Mei 2013 · 9:45 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s