ExxonMobil Belum Akan Melepas Blok Surumana

ExxonMobil Belum Akan Melepas Blok Surumana

Maulana
Kamis, 09 Mei 2013 – 09:49:09 WIB

SatuNegeri.com – Meskipun dalam usaha eksplorasinya ExxonMobil belum menemukan cadangan minyak yang bisa dieksploitasi secara ekonomis, namun perusahaan minyak internasional tersebut belum akan melepas blok Surumana yang berada di Sulawesi Tengah.

Kepala Bidang Minyak dan Gas pada Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sulawesi tengah M Indra di Palu, Rabu(8/5) mengatakan, bahwa Exxon belum melepas, karena masih ada kemungkinkan hasil eksplorasi itu dianalisa kembali.

Namun tentang data teknis tentang cadangan minyak blok Surumana, Indra tidak bisa mempublikasikannya, mengingat data tersebut menjadi acuan pemerintah pada tender berikutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Sulawesi Tengah Bambang Sunaryo mengatakan di Sulawesi Tengah terdapat banyak potensi minyak dan gas hanya saja belum memiliki data valid. “Banyak wilayah tambang kita, tapi masih miskin data,” katanya.

Ia mencontohkan di Teluk Tolo terdapat 12 titik potensi tambang minyak, namun belum ada yang dieksplorasi. Meski demikian, beberapa di antara titik potensi tambang yang masuk dalam wilayah kerja pertambangan Sulawesi Tengah sedang dalam tahap persiapan eksplorasi di antaranya panas bumi di Bora dengan potensi listrik sekitar 123 megawatt. Demikian halnya potensi panas bumi di Marana, juga sedang dalam tahap persiapan lelang dengan potensi listrik 35 megawatt.

Kementerian ESDM telah menetapkan wilayah kerja pertambangan panas bumi Marana pada 2008 melalui keputusan Menteri ESDM Nomor 2964 K/30/MEM/2008 dengan luas 48.300 hektare. Sesuai ketentuan Wilayah Kerja Pertambangan Panas Bumi tersebut ditawarkan kepada Badan Usaha dengan cara lelang.

Bambang mengatakan beberapa waktu lalu sudah pernah dilelang hanya saja terdapat masalah harga jual yang lebih tinggi dari penawaran PT PLN (Persero).

Tinggalkan komentar

9 Mei 2013 · 10:46 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s