Candangan Batubara Kalteng Rp.4,6 Miliar Ton

Ridwan
Jumat, 26 Apr 2013 – 09:49:19 WIB

Satunegeri.com – Cadangan batubara yang ada di daerah Kalteng mencapai 4,6 miliar ton, membuat sejumlah investor mulai melirik Kalimantan Tengah untuk sektor pertambangan batubara dan baja. Hal itu dikatakan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang.

Menurutnya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun ini juga  memulai membangun smelter dengan total investasi mencapai Rp15 triliun. Hingga saat ini, pembangunan smelter tersebut masih dalam proses Feasibility Study atau Studi Kelayakan dan Detail Engineering Desain (DED).

Menurut Teras Narang, sebenarnya para investor tersebut hampir selesai membangun feasibility study. Namun, secara pasti harus diketahui tingkat kandungan dan cadangan batu bara serta bijih besi di wilayah tersebut. Seharusnya, pabrik smelter tersebut harus bisa mengelola hasil tambang lokal antara 50-70 persen lalu.

Selain Batubara, Kalteng memiliki komoditas berbagai hasil pertambangan seperti bijih besi, linestone, bauksit serta tambang lainnya. Namun, tambahnya, dari komoditas pertambangan tersebut batu bara lah yang memiliki potensi cadangan yang paling besar dengan kalori yang baik.

Potensi cadangan batu bara di Kateng hanyalah sebagian dari seluruh potensi batu bara di seluruh provinsi yang ada di pulau Kalimantan. Akan tetapi, jumlah cadangannya tersebut masih bisa lebih besar lagi.

Tinggalkan komentar

Filed under Mineral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s