Total Mulai Kembangkan Lapangan Jempang dan Metulang (Proyek South Mahakam Fase 3)

Total Mulai Kembangkan Lapangan Jempang dan Metulang (Proyek South Mahakam Fase 3)

GEO ENERGI
Rabu, 01 May 2013 14:42:25

Jakarta – Total E&P Indonesie, operator Blok Mahakam, mengumumkan telah menerima Recommendation to Award Approval (RTA) dari SKK Migas untuk kontrak-kontrak Engineering Procurement Supply and Construction (EPSC) fasilitas-fasilitas permukaan untuk pengembangan lapangan baru, Jempang dan Metulang.

RTA ini adalah kunci penting untuk mengawali (start-up) proyek pengembangan 2 lapangan gas dan kondensat baru sesuai dengan Plan of Development (POD) yang telah disetujui 3 November 2011. Kedua lapangan baru ini terletak di bagian selatan dari Blok Mahakam dengan kedalaman air 47 m, kira-kira 35 km sebelah Tenggara Balikpapan dan 58 km sebelah Selatan lapangan Peciko.

Proyek Pengembangan Wilayah South Mahakam Fase 3 ini terdiri dari instalasi wellhead platform tambahan dan pengeboran 7 sumur pengembangan yang akan disambungkan dengan platform East-Mandu yang telah dipasang terlebih dahulu pada fase pengembangan South Mahakam sebelumnya dengan pipa 12” sepanjang 7.7 km. Biaya keseluruhan proyek pengembangan ini sesuai POD adalah sebesar US$ 306 juta (US$ 185 juta untuk pengeboran, dan US$ 121 juta untuk berbagai fasilitas).

Proses start-up 2 lapangan baru ini diperkirakan tercapai pada semester ke-2 2015 dan akan memberi kontribusi dalam proses mempertahankan kapasitas produksi gas pada level 250 MMscf/d di wilayah South Mahakam. Proyek baru ini memberikan bukti upaya yang luar biasa yang dilakukan oleh Total E&P Indonesie dan mitra kerjanya INPEX untuk mengoptimalkan produksi minyak dan gas di Blok Mahakam dan untuk memperlambat laju penurunan produksi.

Pengembangan Fase 1 dan 2 wilayah South Mahakam dimulai pada Oktober 2012, 2 bulan lebih awal dari yang direncanakan, dan terdiri dari pengembangan lapangan baru yakni Stupa dan East Mandu dengan 3 wellhead platforms baru (Main Stupa, West Stupa and East Mandu), dan pengeboran 19 sumur pengembangan. Keseluruan produksi gas dan kondensat dari South Mahakam Fase 1, 2 dan 3 dikirim melalui pipa berukuran 24” sepanjang 67 km dari platform Stupa ke terminal onshore Senipah, yang dioperasikan oleh Total E&P Indonesie.

2 Komentar

4 Mei 2013 · 8:09 AM

2 responses to “Total Mulai Kembangkan Lapangan Jempang dan Metulang (Proyek South Mahakam Fase 3)

  1. Xd

    Kenapa foto yang dipakai foto Attaka punya Chevron ? Hahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s