SKK Migas Resmikan Dua Proyek Migas Untuk Peningkatan Produksi

SKK Migas Resmikan Dua Proyek Migas Untuk Peningkatan Produksi

Foto: drilligcontractor.org

GEO ENERGI
Rabu, 01 May 2013 16:29:43

Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) hari Selasa (30/04) meresmikan dua proyek pengembangan minyak dan gas bumi di Jawa Timur dan Kalimantan Timur untuk mendorong peningkatan produksi minyak dan gas bumi nasional serta pengembangan dan pemanfaatan energi unkonvensional.

Kedua proyek yang diresmikan hari ini adalah dimulainya pengeboran 42 sumur di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur yang dikelola Exxon Mobil Cepu Ltd dan pengaliran gas metana batubara (Coal Bed Methane / CBM) untuk kelistrikan yang pertama kali di Indonesia dari Lapangan yang dikelola VICO, Kalimantan Timur.

Pengeboran 42 sumur di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, di Bojonegoro, Jawa Timur, segera dimulai. Rencananya, akan dibor 29 sumur produksi dan 13 sumur injeksi. Dengan tahapan ini, produksi puncak blok sebesar 165.000 barel minyak per hari dapat dicapai di akhir tahun 2014.

“Tahap pertama dibor delapan sumur baru di tapak (well pad) B,” kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Rubiandini saat peresmian pengeboran sumur Lapangan Banyu Urip di Bojonegoro, Selasa (30/4). Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Hulu Pertamina, M. Husen, Direktur Utama Pertamina EP Cepu, Amril Thaib, Asisten Perekonomian Kabupaten Bojonegoro, Nono Purwanto, dan Vice President Public and Government Affairs, Mobil Cepu Ltd., Erwin Maryoto.

Rudi menjelaskan, setelah itu, secara berurutan dibor sumur baru di well pad C dan penambahan sumur di well pad A. Ke-42 sumur tersebut dibor menggunakan dua rig (tipe skidding rig) yang dibangun dan dioperasionalkan oleh perusahaan nasional. “Membanggakan karena putra putri Indonesia sudah bisa membangun rig berteknologi baru dan cukup canggih ini,” katanya.

Tinggalkan komentar

4 Mei 2013 · 7:49 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s