Pemerintah Akan Panggil Freeport Terkait Pembangunan Smelter

Smelter Park, Monterrey Mexico
pinimg.com

Ramdhan | Kamis, 25 Apr 2013 – 13:09:34 WIB

Satunegeri.com – Terkait penolakan PT Freeport Indonesia untuk membangun pengolahan pemurnian penambangan atau smelter di dalam negeri,  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa memastikan akan segera memanggil PT. Freeport.

Padahal merujuk pada Undang-undang Mineral dan Batubara Nomor 4 Tahun 2009 mewajibkan setiap perusahaan tambang membangun smelter sendiri.
“Makanya saya akan panggil Menteri ESDM untuk menyelesaikan masalah smelter, tapi pastinya harus satu-satu atau paralel, tidak bisa sekaligus. Karena ini adalah perintah dari UU dan mesti dijalankan,” tegas dia.

Meski diakui Hatta bahwa Freeport telah mengolah produksinya di dalam negeri, namun prosentasenya masih terbilang kecil, yakni baru 30%. Dia berharap, seluruh produksi Freeport diolah dan diproses di dalam negeri.

Ekonom FE Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Dahnil Anzar Simanjuntak, menegaskan tak ada alasan bagi pemerintah untuk memberikan keringanan kepada Freeport untuk tidak membangun Smelter (pabrik pengelolaan hasil tambang).

Pemberlakuan UU Mineral dan Batubara Nomor 4 Tahun 2009 merupakan langkah positif bagi hilirisasi pertambangan di Indonesia.  “Demi masa depan ekonomi Indonesia yang lebih baik. Setidaknya, dengan pembangunan smelter penyerapan tenaga kerja dan kegiatan ekonomi lokal Papua bisa semakin dinamis.” tutur Dahnil.

Kementerian ESDM sebelumnya mendesak Freeport Indonesia untuk membangun smelter di Indonesia. Hal tersebut sudah tercantum dalam poin renegosiasi yang dilakukan pemerintah dan pihak Freeport.

pemerintah melalui UU Nomor 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu bara menetapkan larangan ekspor barang mentah minerba yang mulai berlaku pada 2014. Sebagai bagian turunan dari UU tersebut, Kementerian ESDM menetapkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 7/2012 yang kemudian disempurnakan dalam Permen ESDM Nomor 11/2012.

Isi permen tersebut mewajibkan para pengusaha tambang meningkatkan nilai tambah dengan melakukan pemurnian pada beberapa komoditas minerba di dalam negeri.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Mineral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s