Krakatau Steel Tingkatkan Bahan Baku Baja Lokal

Foto: eugnacsh.deviantart.com

Maulana | Rabu, 01 Mei 2013 – 19:41:29 WIB

Satunegeri.com – Sebagai upaya efisiensi untuk mengurangi ketergantungan kepada bahan baku baja impor, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KS) melalui anak usaha PT Meratus Jaya Iron Steel (MJIS) akan meningkatkan kontribusi bahan baku baja lokal dengan mengoperasikan pabrik pengolahan bijih besi di Kalimantan Selatan.

Corporate Secretary PT Krakatau Steel (KS) Andi Firdaus di Jakarta, Rabu(1/5) berharap dengan Beroperasinya MJIS akan mampu memberikan kontribusi penghematan yang signifikan terhadap biaya produksi di PT KS.

Meratus Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi besi spons yang selanjutnya menjadi bahan baku baja pabrik KS di Cilegon.

Sesuai rencana bisnis perseroan, pabrik MJIS yang 66 persen sahamnya dikuasai KS dan 34 persen sahamnya dimiliki Antam, diharapkan dapat beroperasi normal pada akhir 2013, dengan tingkat produksi sebesar 315 ribu ton per tahun.

Kebutuhan bahan baku baja KS selama ini sebagian besar masih diimpor, sudah dapat dipasok dari MJIS.

Direktur Utama PT Meratus Jaya Iron Steel Anwar Ibrahim optimistis, perusahaannya dapat memenuhi kebutuhan bahan baku baja KS. Terlebih, pada Maret kemarin, MJIS telah melakukan pengiriman pertama besi spons sebanyak 5000 metric ton ke KS.

Menurut Anwar, pabrik MJIS mengolah bijih besi lokal menjadi besi spons sebagai alternatif bahan baku untuk steel making di PT KS. Selain itu, pabrik ini menggunakan dua jenis bahan bakar, yaitu batubara dan gas alam.

Hal itu menurut dia, sebagai solusi alternatif atas kelangkaan bahan bakar gas alam yang selama ini digunakan untuk mereduksi bijih besi.

Tinggalkan komentar

4 Mei 2013 · 9:07 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s