Interpid Mines di tambang Emas Tumpang Pitu Hanya untuk Naikan Saham

Interpid Mines di tambang Emas Tumpang Pitu Hanya untuk Naikan Saham

Foto: blogvecindad.com

Ridwan | Kamis, 25 Apr 2013 – 11:30:44 WIB

Satunegeri.com – Klaim PT Intrepid Mines Limited (IML), perusahaan tambang Australia atas 80 persen saham kepemilikan PT Indo Multi Niaga (IMN) untuk mengelola tambang emas Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur menurut Anggota Komisi VII DPR RI, Nur Yasin hanya ingin memberikan keuntungan dari sisi bisnis saja. “Saya menilai, tujuannya hanya untuk menaikkan saham semata,” kata Nur Yasin.

Ia juga berjanji bahwa DPR akan mencermati kasus tersebut karena kasus ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan negara. “Komisi VII DPR RI sebenarnya akan memanggil para pihak yang bersengketa namun terkendala waktu reses,” katanya anggota DPR RI asal Jawa Timur itu.

Hal lain yang perlu dicermati adalah banyak perusahaan asing menggunakan perusahaan lokal di bawah tangan seakan-akan lokal, padahal milik asing. Yang pasti menurutnya, terkait pengelolaan tambang emas tersebut masyarakat Banyuwangi butuh kepastian hukum.

“Jangan sampai PT IML mengulur waktu dalam kasus ini sehingga masyarakat dan Pemda Banyuwangi justru yang dirugikan. Alhasil tambang emas itu tak memberi manfaat bagi masyarakat. Kasus ini memang complicated, dan PT IML juga tidak tepat menggugat bupati,” tegasnya.

Ia menyebutkan, sangat wajar bila Pemerintah Daerah menghambil alih izin tambang sebuah perusahaan bila tak dipakai untuk jangka waktu tertentu.

“Buktinya untuk kasus pengelolaan tambang emas di Banyuwangi, pengadilan setempat memenangkan Pemerintah Daerah Banyuwangi,” kata Nur Yasin.

Tinggalkan komentar

4 Mei 2013 · 8:45 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s