Ekspor Perdana Slack Wax MMO Ke Korea Selatan

Ekspor Perdana Slack Wax MMO Ke Korea Selatan

GEO ENERGI
Rabu, 01 May 2013 16:36:13

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menargetkan peroleh pendapatan dari bisnis Slack Wax senilai US$26,98 juta atau sekitar Rp261 miliar tahun ini seiring dengan dimulainya produksi Slack Wax MMO sebagai grade baru produk Slack Wax dari Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan Slack Wax yang selama ini banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam industri pabrik korek api, semir sepatu, lilin maupun kosmetik banyak diminati oleh pasar baik dalam maupun luar negeri. Tahun ini, Pertamina menargetkan produksi dan penjualan Slack Wax sebesar 28.500 metrik ton yang diharapkan dapat tercapai melalui penambahan Slack Wax grade baru, Slack Wax MMO, dan rencana lifting langsung menggunakan kapal.

Dari seluruh hasil produksi tahun ini, 68% di antaranya akan dipasarkan ke Negara-negara tujuan ekspor, sedangkan 32% ke pasar domestik. Pertamina mengharapkan bisnis Slack Wax ini dapat menghasilkan penerimaan sebesar US$26,98 juta atau sekitar Rp261 miliar pada 2013.

“Saat ini kebutuhan akan Slack Wax sebagai bahan baku industri domestik belum sebesar ekspor. Namun, kami berkeyakinan kebutuhan tersebut akan terus meningkat,” tutur Ali.

Produk Slack Wax diproduksi oleh Kilang Lube Oil Complex (LOC) RU IV Cilacap dan dipasarkan dalam beberapa grade meliputi Slack Wax LMO (Light Machine Oil), Slack Wax SPO (Spindle Oil), Slack Wax DAO (Deasphalting Oil) dan Slack Wax grade baru MMO. Saat ini, seluruh grade produk Slack Wax telah dipasarkan di dalam negeri dan diekspor ke mancanegara diantaranya adalah ke India, Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan dan Belanda.

Tinggalkan komentar

4 Mei 2013 · 7:43 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s