Pabrik Gula Jual Listrik ke PLN

Pabrik Gula Jual Listrik ke PLN

Foto: komoditasindonesia.com

Ridwan
Kamis, 02 Mei 2013 – 12:04:38 WIB

SatuNegeri.com – Melalui program co-generation (cogen). Pabrik Gula Pesantren Baru, mampu mengolah ampas tebu menjadi sumber energi listrik, Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru Kediri, tahun ini mulai menjual listrik kepada PT PLN.

Administratur PG Pesantren Baru, Arifin, rabu(1/5) kemarin mengatakan, rencana tersebut sudah dibahas kedua belah pihak menuju penandatanganan nota kesepahaman (MoU), dengan nama program Co-generation atau Cogen. “Jika tidak ada kendala, tahun ini kami menjual 3 megawatt ke PLN,” tambahnya.

Lahan perkebunan yang akan semakin menyempit, akan mempengaruhi penurunan penghasilan pabrik gula. Karena itu pihaknya merasa perlu mencari alternatif yakni diversifikasi usaha dengan menjual kelebihan tenaga listrik. Apalagi pabrik gula yang memiliki turbin besar diperkenankan menjual listriknya kepada PLN.

Energi listrik dari ampas tebu, lanjut dia, sudah digulirkan Pesantren Baru sejak 2011. sejak masa penjajahan Hindia Belanda, hampir seluruh pabrik gula di Indonesia disiapkan menggunakan energi dari ampas tebu. Sejak 1870, di Jawa Timur telah berdiri sejumlah pabrik gula dan hingga kini masih beroperasi.

Tinggalkan komentar

3 Mei 2013 · 12:47 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s