Sulawesi Mining Siapkan US$ 1,06 Miliar untuk Bangun Smelter

Sulawesi Mining Siapkan US$ 1,06 Miliar untuk Bangun Smelter

Foto: goth_o_grafx.deviantart.com

EnergiToday
April 26, 2013 6:50 am

Jakarta – Untuk membangun pabrik pemurnian (smelter) nikel di Morowali, Sulawesi Tengah, PT Sulawesi Mining Investment siap menanamkan investasi yang nilainya mencapai US$ 1,06 miliar atau sebanding dengan Rp 10,3 triliun. Di mana Sulawesi Mining adalah merupakan usaha patungan Bintangdelapan Group (Indonesia) dengan Tsingshan Group (Tiongkok).

Menurut Wakil Presiden Direktur Bintangdelapan Mineral, Alexander Barus, dana sebesar US$ 960 juta nantinya akan dipergunakan untuk membangun smelter dan pembangkit listrik (power plant).

Alexander menjelaskan, sisanya yang sebesar US$ 100 juta akan digunakan untuk pengembangan tambang dan pembangunan fasilitas pendukung yakni, infrastruktur jalan dan biaya operasional lainnya.

Pihaknya telah bertemu dengan Menteri Perindustrian untuk melaporkan perkembangan realisasi investasi smelternya, tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Presiden Komisaris Sulawesi Mining, Halim Mina menyatakan investasi pembangunan smelter itu akan direalisasikan dalam dua tahap. Tahap pertama investasinya yang akan ditanamkan sebesar US$ 320 juta dan tahap ke II senilai US$ 640 juta.

Halim mengatakan, rencananya smelter tahap pertama sudah bisa beroperasi pada akhir tahun 2014 dan akan memprodksi ferronickel.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan menambah investasi untuk mengembangkan produk turunannya yakni baja tahan karat (stainless steel) dan produk hilir lainnya.

Tinggalkan komentar

28 April 2013 · 9:38 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s