Punya CPO Berlimpah untuk Biodiesel, di Indonesia Truk Harus Antre Beli Solar

Punya CPO Berlimpah untuk Biodiesel, di Indonesia Truk Harus Antre Beli Solar

Foto: informasiteraktual.com

Detikfinance
Wiji Nurhayat Jumat, 26/04/2013 15:17 WIB

Jakarta – Indonesia negara produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) terbesar di dunia. Jika pemerintah serius, CPO yang berlimpah tersebut bisa diolah menjadi biodiesel dan bisa bersaing dengan solar subsidi.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menekankan penggunaan biofuel sebagai pengganti bahan bakar solar. Hal ini tentu menjadi solusi terkait masalah banyaknya truk yang mengantre untuk mendapatkan solar.

“Pakailah produk CPO (crude palm oil) yang diolah (maksudnya biodiesel) karena olahan CPO one of one dengan solar sebagai alternatif. Ini sangat mungkin menggunakan CPO,” ungkap Bayu kepada media di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (26/04/2013).

Biodiesel sudah dikembangkan sebagai subsitusi BBM saat ini adalah bahan bakar yang mengandung ester metil/etil asam-asam lemak. Pembuatan biodiesel yang paling umum adalah dengan proses methanolyisis dan ethanolysis lemak atau minyak lemak diantaranya dihasilkan oleh minyak kelapa sawit (CPO).

Di sisi yang lain menurutnya penggunaan biodiesel tidak hanya sebagai alternatif dari kelangkaan solar tetapi membantu penyerapan produk olahan CPO di dalam negeri. Cara ini efektif di tengah kampanye hitam dan penolakan yang dilakukan Amerika Serikat dan Uni Eropa terhadap produk olahan CPO.

“Kita menolong dua sisi yaitu membantu kekurangan solar dan penyerapan produk olahan CPO di dalam negeri. Ini adalah sebuah solusi yang harus kita terapkan sekarang,” tuturnya.

Iklan

Tinggalkan komentar

27 April 2013 · 5:53 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s