Pemerintah Tingkatkan Jumlah PLTS

Pemerintah Tingkatkan Jumlah PLTS

Ridwan
Jumat, 26 Apr 2013 – 08:25:44 WIB

SatuNegeri.com – Pemerintah telah menargetkan untuk meningkatkan jumlah pembangkit listrik tenaga surya menjadi 153 pada tahun ini atau meningkat 36 dari 117 pembangunan pembangkit yang ada tahun lalu.

Direktur Energi Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Alihudin Sitompul mengatakan, Pemerintah pusat dan provinsi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 triliun (US$103.000.000) pembangunan pabrik tenaga surya tahun ini, da itu meningkat dari anggaran tahun lalu sebesar Rp700 miliar.

Kendala keuangan, masalah teknis dan sumber daya membuat pemerintah mengandalkan kemitraan untuk membantu mengelola pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Sejauh ini, kebijakan kami mengenai pengembangan pembangkit listrik tenaga surya sudah baik. Namun, mitra kami harus bisa memutuskan apakah proyek pembangkit surya layak atau tidak, sehingga mereka tidak memaksa diri untuk melakukannya, ” katanya di Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Alihudin juga menyebutkan bahwa memaksa proyek tidak layak untuk merealisasi pembangunan PLTS sering menyebabkan keterlambatan, pemasangan yang tidak benar,dan juga menurunkan kualitas serta menyebabkan harga yang lebih tinggi.

pengembangan energi surya yang bagian dari energi terbarukan juga terganjal oleh komitmen dan kesungguhan pengusaha pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Masalah timbul terutama untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Saat ini pemerintah pusat maupun daerah menganggarkan belanja modal untuk PLTS sebesar kurang lebih Rp1 triliun setiap tahun. Namun, beberapa masalah muncul dari kegiatan pengadaan PLTS ini.

Tinggalkan komentar

27 April 2013 · 7:59 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s