PLN Akan Bangun Pembangkit Listrik Mini di Karimunjawa

PLN Akan Bangun Pembangkit Listrik Mini di Karimunjawa

Ridwan
Rabu, 24 Apr 2013 – 10:25:10 WIB

SatuNegeri.com – Untuk memasok listrik di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang selama ini masih bergantung pada pembangkit listrik tenaga diesel yang hanya beroperasi 12 jam, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) segera membangun pembangkit listrik mini berkapasitas 4 megawatt.

General Manager PT PLN Distribusi Jateng-DI Yogyakarta Djoko R Abumanan usai penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara PT PLN Distribusi Jateng-DI Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Jepara di Jepara, Senin (22/4) malam mengatakan, dengan berkembangnya Karimunjawa sebagai pusat destinasi wisata Jateng, pastinya dibarengi dengan peningkatan kebutuhan energi listrik.

Pada 2016, PLN memprediksikan kebutuhan energi listrik meningkat menjadi 4 megawatt. Karena itu, PLN segera membangun pembangkit tenaga listrik kecil agar bisa menyala selama 24 jam.

Kemungkinannya pembangkit listrik tersebut akan menggunakan gas sisa suplai. Pembangunan itu membutuhkan waktu lebih kurang tiga bulan dan ditargetkan rampung pada Agustus 2013. Beberapa tahun ke depan akan dibangun pembangkit listrik kapasitas lebih besar.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengakui, jaringan listrik dari pembangkit listrik tenaga diesel tidak mencukupi. Dari 3.199 keluarga di Kepulauan Karimunjawa, hanya 2.153 keluarga yang terlayani, sedangkan sisanya membeli mesin diesel sendiri.

Tinggalkan komentar

24 April 2013 · 9:40 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s