Peneliti Inggris Temukan Bahan Bakar Pesawat dari E.coli

Peneliti Inggris Temukan Bahan Bakar Pesawat dari E.coli

Foto: gutterpixy.deviantart.com

Ridwan
Rabu, 24 Apr 2013 – 14:34:05 WIB

SatuNegeri.com – Baru-baru ini, John Love yang merupakan Associate Professor in Plant and Industrial Biotechnology, University of Exeter di Inggris berhasil menemukan bahan bakar sintetis dari campuran DNA organisme yang berbeda, yang dapat dipergunakan sebagia bahan bakar mesin diesel pesawat.

Love bersama para ilmuwan menggabungkan molekul bahan bakar yang telah mereka buat dari berbagai organisme berbeda, dan nantinya akan dicampur dengan mikroba jenis Escherincia coli atau E. coli.

Bakteri yang banyak ditemukan pada usus besar manusia ini nantinya akan di ubah menjadi sistem produksi minyak alami guna membuat alkana pada bahan bakar diesel atau jet. Hal ini membutuhkan gen dari berbagai organisme, termasuk pohon kamper dan alga biru-hijau.

Namun sebelum bahan bakar nabati itu siap dipasarkanPenelitian yang mendapat dukungan dari Shell Research UK ini, masih dalam proses penelitian yang lebih mendalam dan masih akan menghadapi banyak tantangan.

Menurut Dr. Love, ditengah permintaan global terhadap energi dan bahan bakar yang bebas dari fluktuasi harga minyak serta ketidakstabilan politik, penemuan ini memiliki prospek yang menarik.

Bila penelitian ini mencapai tahap komersialisasi, tiap pesawat terbang berbadan lebar yang mengangkut ratusan penumpang tak perlu repot membuang limbah tinja para penumpangnya. Saatnya mengubahnya menjadi energi.

 

Tinggalkan komentar

24 April 2013 · 9:34 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s