Akses Air Bersih di Kabupaten Cianjur Baru Mencapai 28%

Akses Air Bersih di Kabupaten Cianjur Baru Mencapai 28%

Ramdan
Senin, 08 Apr 2013 – 09:11:19 WIB

Satunegeri.com – Akses warga Kabupaten Cianjur terhadap air bersih berdasarkan data Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Cianjur baru mencapai 28%.

Kepala Distarkim Cianjur, Yoni Raleda seperti dikutip Pikiran Rakyat mengatakan, Kondisi serupa hampir terjadi di semua wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat. Namun, angka tersebut belum termasuk beberapawarga pedesaan yang mempunyai sumur pribadi.

Darah yang mempunyai akses air bersih yang minim yaitu, di sebagian wilayah kecamatan di Cianjur selatan dan wilayah tengah seperti Kecamatan Sukaluyu, Ciranjang, dan Cikalongkulon, akses air bersih disana hanya sekitar 20 persen.

Sedangkan untuk beberapa kecamatan seperti di wilayah utara, misalnya Kec. Cipanas, Sukaresmi, pacet, dan Cugenang yang menunjukan akses air bersih warga tinggi, bahkan diatas 50 persen.

Menurut Yoni, minimnya akses air bersih lebih terjadi di wilayah pedesaan yang berada di wilayah perbatasan Cianjur. Sedangkan, untuk wilayah perkotaan akses air bersih warga sudah menjadi tanggung jawab PDAM Tirta Mukti Cianjur.

“Kami saat ini lebih memikirkan wilayah pedesaan yang berada di dearah perbatasan. Kalau di wilayah Perkotaan, lebih dari separuh warga sudah terlayani oleh PDAM Cianjur,” katanya.

Hingga saat ini, Distarkim Kabupaten Cianjur, telah menyediakan sambungan-sambungan air (pipanisasi), termasuk bak-bak penampungan airnya. sudah tersedia sebanyak hampir 150 titik instalasi air bersih, di luar sambungan milik PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Herman Suherman mengatakan angka sambungan air bersih yang hingga saat ini baru mencapai 56%. “Angka tersebut berada pada kecamatan yang masuk ruang lingkung pelayanan PDAM CIanjur, seperti Cianjur Kota, Cibeber, Cugenang, dan Karang Tengah,” ucapnya.

Tinggalkan komentar

21 April 2013 · 6:29 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s