11 Waduk Baru Akan Selesai Tahun 2017

11 Waduk Baru Akan Selesai Tahun 2017

Gambar ilustrasi

Maulana
Kamis, 18 Apr 2013 – 14:47:42 WIB

SatuNegeri.com – 11 waduk yang kini sedang dalam tahap tender, diharapkan pembangunannya selesai pada 2017. Total daya tampung kesebelas waduk itu diperkirakan mencapai 185 juta meter kubik.

Kasubdit Pembinaan Pelaksanaan Wilayah II Direktorat Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Kementrian PU, Mohammad Mazid, mengungkapkan kesebelas waduk yang tengah ditender tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lima waduk diantaranya menurut Mazid dibangun untuk mengatasi banjir Bengawan Solo. “Waduk lainnya yaitu satu waduk di sekitar Sungai Brantas, satu waduk Cimanuk Cisanggarung, dan satu waduk di Kalimantan Timur. Totalnya 11 waduk yang ditender,” ungkap dia.

Menurut dia, waduk-waduk yang ditender tersebut akan dibangun dengan pembiayaan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui pengerjaan proyek tahun jamak.

Berdasarkan data Kementerian PU, pada tahun ini direncanakan dibangun 13 waduk dengan total kebutuhan dana mencapai Rp 7,5 triliun. Ketiga belas waduk itu untuk mendukung ketahanan air, pangan, dan penghasil sumber daya listrik.

Foto: browse.deviantart.com

Tinggalkan komentar

19 April 2013 · 12:44 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s