PGN Akan Bangun Jaringan Pipa Gas Sumatera, Jawa dan Bali

teknisi-pemeliharaan-fasilitas-sedang-melakukan-pemeriksaan-dan-perawatan-rutin-_111028132153-547

Foto: republika.co.id

Ridwan
Kamis, 18 Apr 2013 – 08:26:41 WIB

SatuNegeri.com – Pada tahun 2016, PT Perusahaan Listrik Negara (PGN) mentargetkan proyek jaringan pipa transmisi dan distribusi gas Sumatera, Jawa, dan Bali bisa tercapai. Hal itu dikatakan direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta, Rabu (17/4).

Menurutnya, demi mencapai target pembangunan penyatuan distribusi dan transmisi pipa di 3 pulau besar Indonesia itu, pihaknya telah menganggarkan dana capital expenditure sebesar US$ 500 juta. “Sedangkan untuk akuisisi lapangan gas, PGN menyiapkan dana segar sekitar US$ 1 miliar,” ujarnya.

Hendi mengungkapkan, jika PGN sukses melakukan misi tersebut, diperkirakan kapasitas pendistribusian gas akan meningkat menjadi 80 mmscfd dari Lampung, sedangkan dari Jawa Tengah bisa mencapai 50 mmscfd.

Sementara itu, untuk program jangka pendeknya, PGN akan terus mengembangkan infrastruktur baru di 4 kota yaitu Jawa tengah, Lampung, Riau dan Batam,

Selain pipanisasi Sumatera-Bali, kata Hendi, proyek jangka menengah sampai jangka panjang akan ada proyek pipanisasi lain untuk Sulawesi atau Kalimantan. Menurutnya, sejak tahun lalu dengan rapat kabinet terbatas, Presiden SBY menginstruksikan PGN agar konsisten mengembangkan infrastruktur jaringan gas melalui pipa dan non pipa supaya gas dari hulu mencapai konsumen.

Direktur Pengembangan dan Teknologi PGN, Joko Saputro mengemukakan, ekspansi pipanisasi dalam jangka pendek harus memulai penyiapan kegiatan pembangunan distribusi di Semarang dengan 3 fase.

“Fase pertama 50 Km, tahun ini pengadaan survei dan desain, konstruksi di tahun berikutnya. Fase selanjutnya akan menyeluruh di Jawa Tengah dengan total 150 Km. Di Lampung, tahun ini konstruksi 80 Km dan selesai tahun 2013 atau awal 2014. Sementara untuk Riau, ekstensi pipa dari Duri ke Dumai, konstruksi di awal 2014. Pipa transmisi juga dari Dumai ke Medan. Duri, Dumai dan Medan 500 Km dengan penyedian pasokan gas sampai dengan 120 MMSCFD,” bebernya.

Tinggalkan komentar

18 April 2013 · 7:26 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s