Indonesia Pastikan Ambil Alih Inalum Pada Oktober 2013

Indonesia Pastikan Ambil Alih Inalum Pada Oktober 2013

Ramdhan
Rabu, 17 Apr 2013 – 07:59:08 WIB

SatuNegeri.com – Dalam mengelola kepemilikan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), yang saat ini sebagian besar saham perusahaan dimiliki oleh Jepang, pemerintah memastikan pada Oktober 2013 akan diambil alih oleh Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai rapat koordinasi membahas Inalum di Jakarta, Selasa (16/4) mengatakan, roses renegosiasi dengan pemerintah Jepang masih berlangsung, terutama terkait penilaian audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas nilai aset perusahaan Inalum.

Untuk mengambil alih Inalum, pemerintah juga akan menyediakan dana investasi senilai Rp 7 triliun yang berasal dari APBN sebanyak Rp 2 triliun, yang diambil dari APBN 2012 dan sisanya dari APBN 2013 sebesar Rp 5 triliun.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menambahkan masih ada perbedaan nilai buku BPKP dengan pemerintah Jepang terkait aset perusahaan Inalum, hingga mencapai 140 juta dolar AS. Untuk itu, pemerintah Indonesia akan terus bernegosiasi terkait perbedaan nilai buku ini sebagai upaya melancarkan proses pengalihan pengelolaan perusahaan Inalum.

Hidayat juga mengatakan setelah pengelolaan Inalum berada di tangan pemerintah, perusahaan tersebut masih dalam pertimbangan untuk menjadi BUMN atau berada dalam pengelolaan BUMN. “Kemungkinan Inalum jadi BUMN karena sahamnya 100 persen, atau diambil alih BUMN,” ujarnya.

Ia juga mengatakan kemungkinan pemerintah daerah, dalam hal ini, pemerintah provinsi Sumatera Utara, mendapatkan andil dari kepemilikan saham perusahaan pembuat bahan dasar alumunium tersebut.

Iklan

Tinggalkan komentar

17 April 2013 · 10:25 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s