Inalum Akan Menjadi BUMN

Inalum Akan Menjadi BUMN

Maulana
Rabu, 17 Apr 2013 – 08:10:05 WIB

SatuNegeri.com – Setelah masa kontrak berakhir, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan Inalum otomatis akan menjadi BUMN, karena 100% sahamnya dikuasai negara. Dengan dikuasai pemerintah, maka status Inalum tidak diambilalih, tetapi karena sudah benar-benar beralih menjadi BUMN.

Namun ia belum mengetahui harga pembelian Inalum, karena masih dirundingkan. “Saya mengikuti, saya usulkan harga yang ditentukan oleh Tim pembelian Inalum. Hitung-hitungannya masih harus diselesaikan,” ujarnya.

pengambilalihan Inalum tersebut menurut Dahlan di satu sisi akan menambah jumlah BUMN, namun, di sisi lain, Kementerian BUMN sedang berupaya untuk menyesuaikan jumlah (right sizing) BUMN dari 142 perusahaan saat menjadi hanya sekitar 86 BUMN pada 2014, dan sebanyak 25 BUMN pada tahun 2025.

Terkait aset perusahaan Inalum, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan masih ada perbedaan nilai buku BPKP dengan pemerintah Jepang. karena itu, pemerintah Indonesia akan terus bernegosiasi terkait perbedaan nilai buku ini sebagai upaya melancarkan proses pengalihan pengelolaan perusahaan Inalum.

Hidayat yang juga Ketua Tim Pengambilalihan saham Inalum mengatakan, gelontoran dana pengambilalihan Inalum mencapai Rp7 triliun, yang diperoleh dari APBN 2012 sebesar Rp2 triliun, dan sebesar Rp5 triliun pada APBN 2013 yang masih dalam proses pembahasan.

Proyek Inalum merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dan konsorsium investor asal Jepang yang tergabung dalam Nippon Asahan Alumunium Co. Ltd (NAA). Pemerintah Indonesia saat ini menguasai 41,12% saham, sedangkan sisanya dikuasai Nippon Asahan Alumunium. Kerja sama kedua pihak dimulai sejak 1975 dan berakhir pada tahun 2013.

Tinggalkan komentar

17 April 2013 · 10:27 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s