Jero Wacik: Pemerintah Siapkan SPBU Khusus untuk Orang Menengah & Kaya

Jero Wacik: Pemerintah Siapkan SPBU Khusus untuk Orang Menengah & Kaya

Foto: istionjr.deviantart.com

Detikfinance Rista Rama Dhany
Jumat, 12/04/2013 15:17 WIB

Jakarta – Pemerintah akan menyiapkan SPBU khusus bagi pemilik mobil pribadi alias orang menengah dan kaya. Langkah ini bagian dari strategi mengurangi subsidi BBM terhadap kalangan menengah atas di Indonesia.

“Orang-orang kaya menengah itu kan biasanya punya mobil, nah mobil itulah yang nanti akan dimasukan ke SPBU yang khusus orang menengah kaya,” ungkap Menteri ESDM Jero Wacik kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (12/4/2013).

SPBU khusus ini hanya menjual BBM Premium yang hanya disubsidi sedikit oleh Pemerintah. Artinya harga BBM khusus ini di atas harga BBM premium Rp 4.500/liter, namun masih di bawah harga BBM non subsidi.

“Premium khusus orang kaya dan menengah ini tetap ada subsidi dari negara tetapi subsidinya dikurangi, tidak sebesar premium subsidi yang disubsidi Rp 5.000 per liter,” ungkap Jero.

Sebelumnya ia mengungkapkan pembahasan opsi-opsi kebijakan pengendalian BBM subsidi sudah mengerucut menjadi satu opsi. Opsi yang dipilih adalah mengurangi subsidi BBM bagi orang kaya dengan cara menyediakan BBM khusus yang harganya di atas bensin premium.

“Opsi yang mengerucut awalnya adalah mencabut subsidi BBM bagi orang kaya, tapi setelah ditimbang tidak jadi dicabut tetapi dikurangi subsidinya bagi orang kaya dan menengah,” ujar Jero.

Tinggalkan komentar

13 April 2013 · 12:00 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s