Pemerintah Revitalisasi Pabrik Pupuk

Pemerintah Revitalisasi Pabrik Pupuk

Rahma
Selasa, 09 Apr 2013 – 09:31:37 WIB

SatuNegeri.Com – Pemerintah merevitalisasi tujuh dari 14 pabrik pupuk yang ada di Indonesia. Alasannya ketujuh pabrik itu telah berusia sangat tua. PT Pusri Palembang merupakan salah satu yang melakukan revitalisasi dengan membangun satu pabrik baru yaitu Pusri II-B.

Perusahaan merancang pabrik ini lebih hemat energi. Selain itu, kapasitas produksi juga lebih besar.Pabrik ini direncanakan mulai beroperasi pada Desember 2015. Pabrik dibangun di lahan seluas enam hektare itu menggantikan pabrik Pusri II yang dibangun tahun 1974.

Nilai total pembangunan pabrik sebesar 561 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,5 triliun.Pabrik dirancang lebih hemat bahan bakar gas.”Teknologi ramah lingkungan yang digunakan di Pusri II-B mampu menghemat pemakaian gas bumi,” kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Pusri Palembang Sulfa Ganie.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan revitalisasi berjalan secara bertahap. ”Disesuaikan dengan ketersediaan dana karena memang membutuhkan dana besar,” katanya. Di sisi lain, ia menjelaskan bahwa produksi pupuk nasional sekarang ini masih memadai.

Dalam konteks ini, revitalisasi pabrik pupuk lebih dimaksudkan sebagai upaya menghemat energi dan menurunkan biaya produksi.

Sementara itu, Rudi mengatakan, saat ini pasokan gas untuk domestik lebih besar 250 persen daripada tahun 2001, terutama untuk industri, termasuk kelistrikan dan pupuk. Data SKK Migas per Februari 2013 mencatat, sektor industri telah mendapat pasokan 10,33 triliun kaki kubik, sementara pasokan gas untuk kelistrikan 7,65 triliun kaki kubik dan pupuk 3,9 triliun kaki kubik.

Tahun 2014, pasokan gas untuk pabrik pupuk akan ditingkatkan dari 3,9 triliun kaki kubik tahun ini menjadi 4 triliun kaki kubik. Adapun pasokan gas untuk kelistrikan ditingkatkan dari 7,65 triliun kaki kubik menjadi 7,9 triliun kaki kubik, pasokan gas untuk industri akan naik dari 10,33 triliun kaki kubik menjadi 10,75 triliun kaki kubik.

Tinggalkan komentar

9 April 2013 · 10:09 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s