Indonesia Impor 70 Persen Kebutuhan BBM Dalam Negeri

Indonesia Impor 70 Persen Kebutuhan BBM Dalam Negeri

Ramdan
Jumat, 05 Apr 2013 – 13:59:53 WIB

SatuNegeri.com – Ketua Bidang Infrastruktur Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Ibrahim Hasyim di Jakarta, Jumat (5/4) mengatakan bahwa untuk memenuhi tingginya konsumsi BBM, Indonesia harus memenuhi 70 persen kebutuhan BBM dalam negeri dari impor.

hal ini dikarenakan meningkatnya konsumsi BBM serta kurangnya produksi BBM dalam negeri. “Peningkatan konsumsi BBM ini terutama dari golongan ekonomi kelas menengah, golongan ini konsumsi BBM nya boros, tapi ya tetap itu haknya dia dan pemerintah tidak boleh melarang,” ujarnya.

kurangnya infrastruktur kilang pengolahan minyak di Indonesia, menurut Ibrahim menjadi salah satu sebab tidak cukupnya produksi BBM dalam negeri. “Kita perlu kilang, kilang kita kurang, kalau terus begini impor BBM kita makin tahun ya makin banyak,” ucapnya.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, tingginya impor BBM ini dikarenakan tingginya konsumsi BBM dan produksi minyak mentah yang turun. “Impor BBM tinggi, ya karena realitanya konsumsinya seperti ini, tiap tahun konsumsi BBM naik 7 persen,” kata Ali beberapa waktu lalu.

Dikatakan Ali, cara untuk mengurangi impor BBM yang terlalu besar ini hanya ada dua. “Satu naikkan produksi minyak nasional dan menekan konsumsi BBM,” ucap Ali.

Seperti diketahui akibat impor BBM yang terlalu besar membuat neraca perdagangan Indonesiia bulan Februari 2013 defisit. Impor minyyak mentah mencapai 12,28 juta dolar AS dan hasil minyak 2,22 miliar dolar AS.

Neraca perdagangan Indonesia defisit pada Februari 2013, yang nilainya mencapai 327,4 juta dolar AS. Secara kumulatif (Januari-Februari 2013), jumlah defisit perdagangan Indonesia tercatat 402,1 juta dolar AS.

Iklan

Tinggalkan komentar

7 April 2013 · 12:38 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s