Pulau Sumba Rasakan Manfaat Energi Terbarukan

Pulau Sumba Rasakan Manfaat Energi Terbarukan

Foto: thedavidalancollection.com

Ramdan
Kamis, 04 Apr 2013 – 09:04:08 WIB

SatuNegeri.com – Diinisiasi oleh organisasi internasional Hivos, Badan Pembangunan Nasional, dan Kementerian ESDM. pemerintah sejak tahun 2009 telah menetapkan pulau Sumba sebagai icon untuk potensi energi terbarukan.

Hasil yang terlihat adalah, di Dusun Mbakuhau, desa Kamanggi, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Dusun yang sejak lama lama dikenal sebagai wilayah yang cukup terisolir itu, seiring dengan digalakkan pemanfaatan energi terbarukan, kini menjadi perhatian para pemerhati energi terbarukan.

Pasalnya desa ini bak menjadi pilot project Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH), dusun inipun kini mulai menggeliat kehidupan ekonomi dan perlahan mulai meretas ketertinggalannya.

Adapun sumber air yang dipakai untuk menjadi pembangkitnya terletak di bawah tebing curam. Memanfaatkannya, warga didampingi petugas teknis dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sumba, bisa memanfaatkan energi listrik untuk kebutuhannya. Warga yang dulunya tidak familiar dengan pesawat televisi, kini mulai akrab dan kian terbuka wawasannya.

Menurut Deka Malahina (56) seorang warga yang ditemui di kediamannya, Senin (1/4/2013) lalu, seperti dikutip sindo, mereka merasa senang karena satu tahun belakangan sudah ada listik sehingga dapat penerangan lampu dan bisa nonton TV, “apalagi saya paling suka nonton berita dan siaran langsung tinju juga bola kaki,” tambahnya.

Pemilihan Sumba sebagai icon energi terbarukan didasarkan atas hasil studi Winrock Internasional. Winrock menyatakan Sumba memiliki akses terhadap energi listrik modern yang rendah, yaitu memiliki rasio elektrifikasi sebesar 24,5 persen pada 2010. Pulau Sumba sangat bergantung pada pembangkit listrik tenaga diesel yang dikirim daerah lain sehingga membutuhkan biaya angkut yang mahal. Sebaliknya, Sumba dinilai kaya akan potensi energi terbarukan, seperti air, bioenergi, angin, dan matahari.

Tinggalkan komentar

6 April 2013 · 12:06 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s