Indonesia Ajak Jepang Kembangkan Gas Metana Hidrat

Indonesia Ajak Jepang Kembangkan Gas Metana Hidrat

Foto: usgs.gov

Ramdan
Jumat, 05 Apr 2013 – 10:36:23 WIB

SatuNegeri.com – Mengenai methane gas hydrate atau gas metana hidrat, Indonesia mengusulkan kepada Jepang untuk melakukan kerja sama penelitian gas yang umumnya berada di laut dalam tersebut. Dengan penelitian tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu pengembangan gas alternatif di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Delegasi RI dalam Pertemuan The 1st Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF) A. Edy Hermantoro di Jepang pekan lalu. Jika disetujui, kerja sama ini akan melibatkan Ditjen Migas Kementerian ESDM, Balibang ESDM serta Badan Geologi.

Edy mengakui, Besranya biaya yang dibutuhkan dalam pengembangan metana hidrat, membuat Indonesia memerlukan kerja sama dengan pihak lain.

Pemerintah Jepang juga menyambut baik konsep Kebijakan Energi Nasional (KEN) serta program tanggap darurat bencana dan oil stockholding di Indonesia dan berharap agar KEN dapat menjadi landasan energi Indonesia di masa mendatang.

Pihak Indonesia dan Jepang sepakat untuk menggali potensi kerja sama dan investasi dalam pengembangan deep water project di Indonesia. Selain itu, pihak Jepang mengharapkan kerja sama bidang LNG jangka panjang dengan Indonesia sebagai upaya untuk menjamin ketahanan energi di Jepang.

Pemerintah Jepang juga menyambut baik tawaran Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di sub sektor ketenagalistrikan, energi terbarukan dan mengharapkan Pemerintah Indonesia dapat menjembatani kelangsungan proyek-proyek yang sudah, sedang dan akan berjalan di Indonesia, salah satu diantaranya SNG Sumatra yang berbasis low rank coal gasification project. Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukan satuan tugas untuk proyek gas metana ini dan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Tinggalkan komentar

6 April 2013 · 12:27 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s