Semen Baturaja Bangun Dua Pabrik Baru

Semen Baturaja Bangun Dua Pabrik Baru

Ridwan
Kamis, 04 Apr 2013 – 08:09:39 WIB

SatuNegeri.com – Untuk memenuhi target 2.000.000 ton per tahun mulai Juni 2013, PT. Semen Baturaja membangun dua pabrik baru. Dirut PT Semen Baturaja Pamudji Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu(3/4) mengatakan Kapasitas semen baturaja sudah pada posisi ‘peak’ sehingga pihaknya berpeluang untuk meningkatkan ‘market share’ dengan membangun pabrik baru.

Pembangunan pabrik tersebut adalah cemen mill di Baturaja menghabiskan anggaran sekitar Rp350 miliar yang didanai sendiri, pabrik ini ditargetkan bisa memproduksi 750.000 ton semen per tahun.

“Saat ini sedang merampungkan konstruksi. Bulan Mei rencananya bisa uji coba produksi dan Juni diharapkan sudah mulai produksi secara komersial,” katanya.

Dengan tambahan kapasitas pabrik cemen mill tersebut pihaknya menargetkan mulai Juni PT Semen Baturaja bisa memproduksi 2.000.000 ton semen per tahun. “Kapasitas saat ini 1,25 juta ton ditambah pabrik baru semoga bisa mencapai 2.000.000 ton,” katanya.

Pihaknya juga berencana membangun pabrik Baturaja 2 yang ditargetkan mulai dilaksanakan pada awal triwulan IV 2013. Menurut dia, untuk rencana pembangunan pabrik tersebut, saat ini sudah mulai ditenderkan. “Saya harap dalam waktu enam bulan sudah final sehingga antara September dan Oktober 2013 bisa tanda tangan kontrak,” katanya.

Proyek yang ditaksir akan menelan dana Rp2,5 triliun tersebut direncanakan sebanyak Rp1 triliun didanai secara internal dengan Rp1 triliun dari initial public offering (IPO) dan Rp0,5 triliun dari pinjaman perbankan.

Pihaknya memperkirakan pembangunan pabrik tersebut akan selesai pada triwulan IV 2016 dengan kapasitas produksi 1,85 juta ton semen per tahun sehingga pada tahun 2016 pihaknya menargetkan untuk bisa memproduksi sebesar 3,85 juta ton semen per tahun.

Ke depan, lanjut dia, Perseroan akan melihat permintaan semen di pasar domestik, terutama di wilayah Sumatera Selatan, yang selama ini menjadi fokus distribusi semen perseroan.

Foto: gilangszone.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan komentar

5 April 2013 · 10:31 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s