Pemerintah Lelang Wilayah Pertambangan

Pemerintah Lelang Wilayah Pertambangan

Foto: Proenergi.com

Rahma
Sabtu, 30 Mar 2013 – 10:09:24 WIB

SatuNegeri.com – Pemerintah bakal melakukan pelelangan wilayah pertambangan. Tujuan kebijakan ini adalah mencegah perdagangan izin usaha pertambangan. Biasanya aksi tersebut tak mempertimbangkan kemampuan finansial, teknils, dan rehabilitasi lahan setelah menambang.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Mineral dan Batubara Thobrani Alwi menyatakan, kini pemerintah sedang mempersiapkanp penyelenggaraan lelang wilayah pertambangan. Lelang rencananya mulai berjalan pada tahun 2014.

Menurut dia, kementerian membahas hal ini dengan DPR. Dengan demikian, mekanisme harusnya ada konsultasi dengan DPR. ”Dalam praktiknya nanti, pemerintah daerah menentukan wilayah pertambangan yang sesuai rencana tata ruang, kemudian lokasinya dilelang,” katanya.

Mereka yang memenangkan lelang, berhak memperoleh izin usaha pertambangan. Mereka memiliki kewenangan mengelolanya. Sejak 2009, pemerintah menghentikan sementara pemberian izin usaha pertambangan. ”Pemberian izin kemudian mesti lewat proses verifikasi yang mendalam,” katanya.

Verifikasi memastikan lahan tambang dalam status tak ada tumpang tindih perizinan dan tak melanggar aturan pemerintah. Status sertifikat lahan inilah yang menjadi syarat utama bagi mulusnya pemberian pinjaman oleh bank. Termasuk dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Harya Adityawarman menuturkan, penentuan wilayah pertambangan oleh daerah berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi. Setelah berkonsultasi dengan DPR, pemerintah pusat menetapkan wilayah tersebut dapat dilelang.

Tinggalkan komentar

30 Maret 2013 · 6:41 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s