PT. Petikemas Indonesia Akan Jadi Pengelola Peti Kemas Terbesar di Dunia

PT. Petikemas Indonesia Akan Jadi Pengelola Peti Kemas Terbesar di Dunia

Ridwan
Senin, 25 Mar 2013 – 14:28:08 WIB

SatuNegeri.com – Pembentukan PT Petikemas Indonesia (PT PI), yang sedang direncanakan pemerintah, diyakini oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan akan menjadi perusahaan pengelola terminal peti kemas terbesar di dunia yang menangani arus bongkar muat pada 111 pelabuhan di seluruh di Indonesia.

Menurut Dahlan, pembentukan PT PI akan rampung dalam dua pekan mendatang. saat ini kendala yang dihadapi adalah belum rampungnya pengurusan berbagai syarat dalam pembentukan perusahaan tersebut.

Menurut Dahlan, pembentukan PT PI merupakan bagian dari rencana PT Pelindo untuk mengembangkan terminal peti kemas di seluruh Indonesia, sehingga syarat-syarat pembentukannya harus dipenuhi mulai dari notaris, nomor pokok wajib pajak, pembukaan rekening perusahaan, setoran modal hingga pembentukan neraca awal perusahaan.

Meski demikian Dahlan tidak merinci lebih lanjut berapa besar modal awal yang ditanamkan pemegang saham pada perusahaan tersebut. Ia hanya menjelaskan, PT PI akan menjadi anak usaha PT Pelindo I-IV sehingga permodalan akan disuntik dari masing-masing pemegang saham.

Selain itu, Dahlan juga akan mempersiapkan direksi dan komisaris terbaik untuk memimpin PT Peti Kemas Indonesia. Direksi PT Peti Kemas Indonesia nantinya akan diisi oleh direksi Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV. “Seluruh direktur Pelindo jadi komisaris. Direksi kami ambil yang paling baik,” ujarnya.

PT Peti Kemas Indonesia ini nantinya akan bekerja sama dengan pelabuhan-pelabuhan peti kemas di Indonesia, seperti di Batam, Jakarta, Surabaya, Makasar. Pelindo akan memiliki saham terbesar di perusahaan tersebut.

Untuk tahap awal, PT PI segera mengelola Terminal Peti Kemas New Priok, Kali Baru, yang pembangunannya baru diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (22/3).

Dengan investasi sekitar Rp22,6 triliun, Terminal Peti Kemas Kali Baru ini diharapkan mulai beroperasi pada 2014.

Foto: Archlover.deviantart.com

Iklan

Tinggalkan komentar

25 Maret 2013 · 9:03 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s