Tambang Pasir Besi Dongkrak PAD Sukabumi

Tambang Pasir Besi Dongkrak PAD Sukabumi

Ridwan
Jumat, 22 Mar 2013 – 14:28:29 WIB

SatuNegeri.com – Banyaknya perusahaan yang melirik eksplorasi tambang pasir besi di wilayah Kabupaten Sukabumi, membuat Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi bisa semakin terdongkrak.

Bupati Sukabumi, Sukmawijaya usai meresmikan pertambangan pasir besi dan pembangunan dermaga PT. Bumi Pertiwi Makmur Sejahtera, di Kampung Cikawung, Desa Cidahu. sukabumi mengatakan, Sudah ada lima perusahaan yang telah mendapat izin untuk melakukan eksplorasi pasir besi. Namun, baru satu perusahaan yang telah beroperasi.

Menurutnya, dengan masuknya perusahaan tambang maka potensi tambang di Kabupaten Sukabumi bisa termanfaatkan dengan baik. Selain itu baik pelaku usaha maupun pemerintah daerah sama-sama diuntungkan.

“Jangan salah pemerintah mendapatkan royalti dari hasil ini sehingga pendapatan asli daerah bisa meningkat. Selain itu akan timbul multiplyer effect di mana ekonomi di wilayah tersebut akan berkembang dengan menyerap tenaga kerja dan membelanjakan pendapatan sehingga mendorong ekonomi lokal,” tutur Sukmawijaya..

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi menuturkan meski saat ini PAD dari hasil pertambangan masih minin. Namun, Badri optimsitis jika nantinya setelah perusahaan-perusahaan tambang tersebut beroperasi, maka diharapkan PAD Kabupaten Sukabumi bisa terdongkrak hingga 60-70 persen, dari PAD saat ini yang hanya mencapai Rp 200 Miliar.

Direktur Utama PT. Bumi Pertiwi Makmur Sejahtera, Herman Jaya menuturkan dipilihnya Kabupaten Sukabumi sebagai tempat untuk mengeksplorasi karena wilayah ini memiliki potensi yang sangat bagus khususnya pasir besi. “Untuk tenaga kerja yang diserap diperkirakan bisa sampai 500-600 orang. Saat ini kami masih melakukannya secara bertahap seperti pembangunan dermaga,” ujarnya.

Tinggalkan komentar

24 Maret 2013 · 12:26 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s