Tahun 2020, Jakarta Defisit Air 19.000 Liter/Detik

Tahun 2020, Jakarta Defisit Air 19.000 Liter/Detik

Foto: serso.deviantart.com

Ramdan
Jumat, 22 Mar 2013 – 15:11:53 WIB

SatuNegeri.com – Permasalahan krisis air bersih di Jakarta menurut Pakar hidrologi dari Universitas Indonesia (UI) Firdaus Ali sudah dialami sejak 18 tahun yang lalu, dan saat ini kondisinya semakin parah.

Menurutnya kini Jakarta memerlukan sekitar 26.938 liter air per detik, namun yang tersedia hanya 17.700 liter air per detik. Diperkirakan pada 2020, terjadi defisit air mencapai 19.000 liter per detik. “Setiap orang dewasa di Jakarta memerlukan 184 liter per hari,” tukas dia.

Agar defisit air tidak semakin parah, ia menyarankan agar masyarakat bisa melakukan penghematan. Ia kemudian memberikan tips-tips dalam menghemat air, misalnya, tidak menyalakan kran saat menggosok gigi, mandi menggunakan pancuran, mencuci dengan menggunakan ember, hingga mencuci piring dalam jumlah yang banyak. “Air hujan juga bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih,” tuturnya.

Dalam hal penghematan air, Firdaus mengatakan perempuan khususnya ibu rumah tangga sangat berperan dalam upaya penghematan air. Hal itu dikarenakan perempuan memegang kendali pemakaian air.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan ribuan sumur resapan di Jakarta guna menyediakan air baku dan menjadi cadangan air bagi warga Jakarta di masa mendatang.

Sumur serapan tersebut, menurutnya juga bisa jadi cadangan air baku bawah tanah jika pengelola air bersih Jakarta, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah mampu menyediakan 100 persen air bersih di Jakarta.

Jokowi berharap, dengan adanya sumur serapan, Jakarta bisa memiliki cadangan air setidaknya untuk 20-30 tahun ke depan. “Ini kan yang selama ini tidak diantisipasi,” katanya. Selama ini, ketersediaan air bersih di Jakarta hanya tercapai 60 persen lewat PDAM. Kalau dari PDAM lanjut terus karena mereka ambil dari Waduk Jatiluhur,” katanya.

Tinggalkan komentar

23 Maret 2013 · 12:44 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s