Pemerintah Akan Bangun Tiga Kilang Minyak

Pemerintah Akan Bangun Tiga Kilang Minyak

Maulana
Jumat, 22 Mar 2013 – 13:57:46 WIB

SatuNegeri.com – Bekerjasama dengan Kuwait serta Arab Saudi, pemerintah akan merealisasikan pembangunan tiga kilang minyak di Indonesia. “Kita akan lakukan rapat secepatnya. Dirjen Migas juga sudah lakukan rapat, jadi kita harus cepat,” kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo ketika ditemui dikantor ESDM, Jakarta, Kamis (21/3).

Untuk pembangunan tiga kilang tersebut, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk kilang minyak sebesar Rp250 miliar, yang salah satunya dibiayai melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menurut Susilo, saat ini pemerintah juga melakukan pembicaraan dengan pemerintah Irak agar perusahaan migas nasional bisa ikut berpartisipasi mengelola blok migas di Irak.

Irak sendiri pun telah memberikan lampu hijau untuk turut serta mengelola Blok West Qorna 1. Selanjutnya Pertamina perlu melakukan pembicaraan dengan Operator blok tersebut yaitu ExxonMobil.

Namun Vice Presiden Corporate Comunication PT Pertamina, Ali Mundakir mengatakan, pemerintah Indonesia seharus tidak perlu membangun kilang jika hanya untuk mengolah minyak dari Irak. Dengan alasan jangka waktu kontrak pasokan minyak dari Irak hanya satu tahun yang berakhir pada Desember 2013 ini. “Tujuan kita beli di Irak cuma untuk menjaga suplai dalam negeri,” ungkap Ali.

Tinggalkan komentar

23 Maret 2013 · 1:04 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s