PLTMG Sangatta Pakai CBM

PLTMG Sangatta Pakai CBM

EnergiToday.com
March 21 2013 8:09 am

Balik Papan – Pertama kali pada April, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menerima aliran gas coal bed methane untuk pembangkit listrik dari lapangan Sanga-Sanga, Kalimantan Timur, yang dioperasikan PT Virginia Indonesia Company (Vico). Gas CBM dipasok ke Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Sangatta, Kabupaten KUtai Timur, Kaltim.

Vice President Management Representative SKK Migas for VICO Indonesia Hadi Prasetyo mengatakan, aliran gas sebesar 0,5 juta standar kaki kubik perhari (MMscfd) yang bisa menghasilkan listrik sebesar 2 MW untuk desa sekitar sumber gas tersebut. “Rencananya akan inaugurasi akhir April. Gasnya itu yang dibuat listrik untuk desa sekitarnya,” ucapnya di Jakarta, Rabu (20/3).

Sebelumnya, PLN dan Vico sudah menandatangani perjanjian jual beli gas metana batu bara pada tahun lalu dengan harga yang disepakati sebesar US$7,5 per juta British thermal unit (MMBTU). Pada awalnya, gas CBM yang akan disalurkan ke pembangkit PLN akan berada di kisaran 0,5 mmscfd itu sesuai dengan total produksi gas CBM yang baru mampu dihasilkan VICO di 15 sumur yang ada.

CBM merupakan salah satu migas nonkonvensional yang berada di sela-sela rongga batu bara. Potensi CBM di Indonesia diketahui sebesar 453,3 triliun kaki kubik (TCF) yang sebagian besar berada di Sumatera dan Kalimantan.

Tinggalkan komentar

21 Maret 2013 · 1:36 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s